• News

  • Nusantara

Tunggu Pasokan Listrik, Pengoperasian Air Minum di Sabanar

Illustrasi. Pengelolaan air bersih
Illustrasi. Pengelolaan air bersih

BULUNGAN, NETRALNEWS.COM - Mendesak. Pengoperasian instalasi pengeloahan air minum (IPA) yang berada di daerah Sabanar Lama Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara masih menunggu pasokan listrik dari PT PLN.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Suheryatna di Tanjung Selor, Selasa (6/12/2016) mengatakan masalah suplai listrik telah dibicarakan bersama dengan PT PLN Persero Area Kabupaten Berau, Kaltim.

Dikatakan sesuai kesepakatan bersama dengan PT PLN Persero Area Kabupaten Berau mengusahakan pasokan listrik kepada IPA Sabanar Lama pada akhir 2016.

Pembangunan IPA Sabanar Lama menelan anggaran sebesar Rp7,2 miliar yang bersumber dari APBN dimulai 30 Mei 2015 hingga 30 Nopember 2015 dengan kapasitas 20 liter per detik. Kebutuhan listrik untuk menggerakkan mesin IPA sebesar 63 kilo volt ampere (kVA).

IPA Sabanar Lama ini mampu mengaliri 1.600 sambungan rumah (SR) sehingga diperkirakan mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Selimau 1, 2 dan 3, PKPMT, Sabanar Lama hingga Sengkawit.

Selain mengoperasikan IPA Sabanar Lama, Pemprov Kaltara juga akan mengujicoba IPA KM 12 poros Tanjung Selor-Tanjung Palas Timur pada Desember 2016 ini dengan kapasitas 80 liter per detik.

IPA yang dibangun Pemkab Bulungan dengan kebutuhan pasokan listrik sebesar 110 kVA ini mampu mengaliri rumah warga di daerah Desa Bumi Rahayu dan sekitarnya.

 

Editor : Marcel Rombe Baan
Sumber : Antara