• News

  • Nusantara

Agustina Wilujeng: Manfaat Waduk Gajah Mungkur bagi Wonogiri

Agustina Wilujeng (Netralnews/Dominikus Lewuk)
Agustina Wilujeng (Netralnews/Dominikus Lewuk)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anggota Komisi IV DPR Agustina Wilujeng Pramestuti berharap pemerintah dapat merealisasikan pembangunan waduk-waduk lain selain Waduk Gajah Mungkur di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

"Keberadaan waduk Gajah Mungkir itu sangat sedikit fungsinya bagi masyarakat Wonogiri. Saya sangat berharap agar waduk-waduk lainnya segera di realisasikan. Adapun penyebabnya adalah kawasan atau daerah pertanian di wilayah Wonogiri itu berada di dataran tinggi sementara waduknya lebih rendah. Untuk itu harus dibangun embung-embung di beberapa titik agar masyarakat dapat memanfaatkan bagi kebutuhan pertanian," kata Agustina Wilujeng Pramestuti kepada Netralnews.com, Minggu (9/4/2017) malam.

Selain fasilitas pertanian, Agustina juga menyinggung soal sarana dan prasarana (Sarpras). Akses jalan raya, misalnya, butuh keterlibatan dari pihak swasta terutama perusahaan-perushaaan besar yang beroperasi sejak jaman orde baru. Fasilitas jalan raya banyak dimanfaatkan oleh mereka, sehingga harus bersama-sama merawatnya. Jadi baik masyarakat, pemerintah maupn pihak swasta harus sama-sama ikut membangun daerah Wonogiri, imbaunya.

"Pengembangan kawasan wisata di area Waduk Gajah Mungkur, sangat membutuhkan sarana dan prasarana yang layak bagi penggunanya. Hal itu supaya dapat menarik wisatawan untuk datang berkunjung ke kawasan wisata waduk Gajah Mungkur dengan pemandangan alam yang indah dan hutan nya yang hijau," kata politisi PDIP itu.

Pernyataan Anggota Komisi IV DPR dari Dapil Wonogiri, Karanganyar dan Sragen itu terkait  hasil dialog interaktif bersama Bapak Sadiman penerima penghargaan Kaplataru tahun 2016 kategori Perintis Lingkungan dari Wonogiri di Waduk Gajah Mungkur, Jawa Tengah, yang digelar Pimpinan DPR, Sekretaris Jenderal DPR, Wartawan Koordinatoriat DPR dan Biro Pemberitaan Setjen DPR di Pendorpo Pemda Kabupaten Wonogiri, Sabtu (8/4/2017).

Sebelumnya,  Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa mengatakan, pihaknya berusaha memaksimalkan waduk Gajah Mungkur yang dibangun sejak tahun 1976 itu.

"Sebenarnya keberadaan waduk Gajah Mungkur sangat membantu para petani tetapi hanya untuk Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar. Sedangkan untuk petani Wonogiri sangat kecil artinya memanfaatkan air dari waduk."

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Hila Japi