• News

  • Olahraga

Tak Anggap Enteng Commonwealth, Atlet Angkat Besi India Prioritaskan Asian Games 2018

Atlet putri angkat besi India Saikhom Mirabai Chanu.
Infeedio
Atlet putri angkat besi India Saikhom Mirabai Chanu.

JAKARTA, NNC - Atlet putri angkat besi India Saikhom Mirabai Chanu mengakui tertantang untuk menjuarai Asian Games 2018 meski menyadari persaingan di ajang empat tahunan itu lebih ketat dibanding Pertandingan Commonwealth yang akan ia ikuti pada April mendatang.

"Saya menyadari kompetisi dalam Pertandingan Commonwealth kurang begitu ketat dan ujian sebenarnya bagi saya adalah Asian Games," kata Chanu seperti tercantum dalam laman resmi Dewan Olimpiade Asia (OCA) yang dilansir Antara, Rabu (21/3/2018).

Chanu yang akan turun pada nomor kelas 48 kilogram putri itu mengatakan pesaing utamanya pada Asian Games adalah atlet-atlet dari China, Korea Selatan, Korea Utara, dan Thailand.

"Atlet-atlet angkat besi Asia adalah atlet utama dunia dan itu akan menjadi ujian terberat saya. Maka, fokus utama saya tertuju pada Asian Games. Tapi, itu bukan berarti saya akan menganggap enteng Pertandingan Commonwealth," katanya.

Chanu meraih medali emas dalam Kejuaraan Angkat Besi Dunia pada November 2017 setelah mendapatkan total angkatan 194 kilogram, angkatan snatch 85 kilogram dan angkatan clean and jerk 109 kilogram.

"Saya saat ini masih berlatih untuk Pertandingan Commonwealth dan Asian Games. Sistem pelatihan yang terencana dari pelatih mampu meningkatkan kemampuan angkatan saya mencapai 25 kilogram," katanya.

Pada Februari, Chanu meraih gelar Atlet Angkat Besi 2018 dalam Anugrah Olahraga India Mahindra Scorpio Times setelah merebut juara dunia 2017.

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani