• News

  • Olahraga

Songsong GP Kanada, Ferrari Pilih Pakai Mesin Lama

Mobil balap Ferrari.
Planet F1
Mobil balap Ferrari.

KANADA, NETRALNEWS.COM - Ferrari memilh memakai mesin lama untuk menyongsong balapan di Grand Prix Formula 1 Kanada. Seperti diketahui, Ferrari telah membawa upgrade power unit pada dua balapan lebih awal yaitu di Barcelona.

Hal tersebut dilakukan setelah mereka kewalahan mengejar performa Mercedes yang perkasa di setiap balapan musim ini.

Namun di Sirkuit Gilles Villenueve nanti, kepala tim Ferrari Mattia Binotto mengonfirmasi jika mereka tidak akan membawa upgrade ke Kanada dan sebagai gantinya berharap bisa mengeksploitasi surplus tenaga mesin Ferrari di lintasan lurus akhir pekan ini.

Kami tahu kami tak cukup kompetitif sekarang," kata Binotto seperti dikutip laman resmi Formula 1.

"Dan saat ini kami tidak menantikan perubahan di mobil yang bisa memiliki dampak signifikan dari masalah yang kami temui di awal musim."

Harapan besar ditujukan ke tim bermarkas di Italia itu setelah hasil mengesankan di tes pramusim tahun ini. Namun di enam balapan, hasil terbaik mereka hanya lah satu finis runner-up di Monako.

Mobil SF90 telah menunjukkan keunggulan kecepatan di lintasan lurus, power unit Ferrari pun merupakan salah satu yang terbaik di grid.

Namun ketika tiba soal pengendalian, keseimbangan dan penggunaan ban, Ferrari tertinggal dari rival mereka, Mercedes, dan bahkan Red Bull.

Binotto paham jika mereka harus menemukan solusi dalam hal jendela operasi penggunaan ban yang selama ini menghantui Ferrari, juga harus menghindari blunder di babak kualifikasi seperti yang dialami Charles Leclerc di Monako.

Di atas kertas, trek di GP Kanada dipandang cocok dengan karakter SF90.

"Karakter trek Kanada memiliki tantangan yang berbeda, selain kecepatan puncak, efisiensi pengereman dan traksi menjadi perhatian utama," kata Binotto.

"Kami tiba di sini untuk melakukan yang terbaik dan tak akan mengulang kesalahan di balapan-balapan sebelumnya."

Biasanya, pabrikan mesin membawa update pertama power unit mereka di Kanada karena balapan yang sangat menuntut kekuatan mesin.

Kanada juga menjadi balapan ketujuh dari total 21 GP dalam setahun, titik yang pas untuk membawa mesin baru karena tahun ini setiap pebalap diizinkan memakai hanya tiga mesin tanpa mendapat penalti.

Tiga pabrikan telah terlebih dahulu memperkenalkan power unit baru mereka. Honda di Baku, sementara Ferrari dan Renault membawa spec upgrade mesin mereka di Spanyol.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Widita Fembrian