• News

  • Olahraga

Ferrari Gagal Bersaing Lawan Mercedes, Ini Penyebabnya

Mobil balap Formula 1 Mercedes dengan mesin baru untuk balapan di GP Kanada.
Twitter @MercedesAMGF1
Mobil balap Formula 1 Mercedes dengan mesin baru untuk balapan di GP Kanada.

LONDON, NETRALNEWS.COM - Ada yang aneh pada penampilan Ferrari di balapan Formula 1 musim ini. Tampil sebagai yang tercepat di tes pra-musim, Ferrari muncul sebagai tim yang harus dikalahkan. Namun, hasil awal musim berkata lain ketika rival, Mercedes, mengemas lima finis 1-2 secara beruntun sejak seri pembuka di Australia.

Mantan juara dunia Nico Rosberg pun memandang Ferrari melakukan pendekatan yang kurang tepat karena memilih desain aerodinamika yang membuat mereka cepat di lintasan lurus namun kalah cepat dari Mercedes ketika duel di tikungan.

Statistik menunjukkan Ferrari lebih lambat sekitar 0,8 detik dari Mercedes dalam hal kecepatan di balapan. Kemudian di Hungaria, Vettel finis lebih dari 60 detik di belakang Hamilton yang menunjukkan kelemahan Ferrari di trek yang berkarakter downforce tinggi dan tikungan lambat.

Defisit 150 poin terhadap Mercedes di klasemen konstruktor menunjukkan kelemahan tim asal Italia itu dan mereka pun mulai berbenah untuk balapan selanjutnya.

"Kalian lihat ke tabel poin, lihat ke balapan (di Hungaria), dan di trek yang kami kalah dari yang lain, jadi kami melihat hal-hal itu dan kami sedang bekerja sangat keras," kata Vettel.

"Semua sangat bersemangat dan saya rasa kuncinya sekarang adalah untuk tetap tenang, lakukan pekerjaan rumah kami dan pastinya mencoba mengejar sebisa mungkin. Itu lah prioritas kuncinya."

Kepala tim Ferrari Mattia Binotto pun tak meragukan kecepatan Vettel di trek. Binotto melihat setelah insiden tubrukan dengan Max Verstappen di Inggris, Vettel membayar kesalahannya dengan naik podium di Jerman dan Hungaria.

"Dia paham jika penting baginya untuk menggunakan kecepatannya jadi pastinya jika kalian melakukan kesalahan seperti di Silverstone, itu bukan lah yang terbaik tapi terlepas dari itu aku sangat senang."

"Karena dia memiliki pengalaman yang banyak, dia tahu bagaimana menjaga ban dan saya kira itu lah kekuatannya dan saya kira dia melakukan hal itu dengan baik," kata Binotto.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan.H.P