• News

  • Olahraga

Tiga Petenis Top Ini Bakal Bertarung di ATP Cup Perdana di Australia

Petenis Roger Federer.
Gerryweber
Petenis Roger Federer.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Petenis top yang berada di jajaran “The Big Three” yakni Roger Federer, Rafael Nadal, dan Novak Djokovic akan memeriahkan ATP Cup perdana yang diselenggarakan di Australia, 3-12 Januari 2020 mendatang.

Asosiasi Tenis Profesional (ATP) menyatakan bahwa setiap petenis putra yang berada di peringkat 10 besar, dan 27 dari 30 besar telah berkomitmen untuk tampil pada turnamen senilai 15 juta dolar AS itu.

“Keikutsertaan para bintang tenis dunia pada turnamen ini menjadi penting. ATP Cup siap memulai musim 2020 nanti dengan epik,” kata presiden ATP Chris Kermode, Sabtu (14/9/2019).

Selain “The Big Three”, mantan petenis nomor satu dunia Andy Murray juga akan kembali beraksi setelah sempat hengkang beberapa waktu karena operasi pinggul yang dilakukannya awal tahun ini.

Sebanyak 18 negara akan ambil bagian pada turnamen tersebut, sedangkan lima negara lainnya akan ditentukan pada 13 November mendatang.

Sementara itu, Australia sebagai tuan rumah dan pemegang wildcard akan mulai bermain dari babak final.

Sebanyak 24 negara akan bermain dalam putaran yang dibagi ke dalam enam grup. Masing-masing grup terdiri dari empat tim. Mereka yang berhak lolos ke final adalah para juara grup dan tim peringkat kedua terbaik.

Untuk mengikuti turnamen ini, setiap negara berhak mendaftarkan maksimal lima petenis. Namun, lolosnya mereka ditentukan dari daftar peringkat dunianya setelah tenggat waktu pada November nanti, demikian Reuters.

Berdasarkan laman resmi turnamen, berikut 24 negara (berdasarkan peringkat tertinggi ke terendah) yang memenuhi syarat untuk tampil pada ATP Cup 2020.

1. Serbia

2. Spanyol

3. Swiss

4. Rusia

5. Austria

6. Jerman

7. Yunani

8. Jepang

9. Italia

10. Prancis

11. Belgia

12. Kroasia

13. Argentina

14. Georgia

15. Afrika Selatan

16. Amerika Serikat

17. Kanada

18. Britania Raya

19. Australia

20. Bulgaria

21. Chile

22. Polandia

23. Moldova

24. Uruguay

Editor : Nazaruli