• News

  • Olahraga

Rossi Terjatuh Dua Kali di Latihan Bebas GP Valencia, Ini Penyebabnya

Pebalap tim yamaha, Valentino Rossi.
Motorsport
Pebalap tim yamaha, Valentino Rossi.

VALENCIA, NETRALNEWS.COM - Ada yang aneh dengan penampilan Valentino Rossi di sesi latihan bebas MotoGP Valencia kemarin. Pebalap dari tim Movistar Yamaha itu terjatuh sampai dua kali. 

Rider berusia 40 tahun itu mengalami crash saat sesi latihan bebas pertama MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Jumat (15/11/2019). Rossi kembali terjatuh kala melakoni FP2, sehingga harus menempati urutan ke-14.

Juara dunia sembilan kali itu mengakui jika ia terjatuh di FP1 akibat kesalahannya sendiri yang terlalu memaksakan diri. Namun, dia kesulitan menjelaskan crash saat sesi latihan bebas kedua.

"Ini hari yang sulit, sebab saya terjatuh dua kali. Di Valencia memang selalu berbahaya untuk membalap, anda harus tetap selalu waspada terutama dengan temperatur di musim dingin ini," kata Rossi dikutip dari Crash.

"Pagi tadi benar-benar memalukan sebab saya cukup kencang, tapi saya melakukan kesalahan bodoh. Saya menggunakan ban depan jenis soft, namun saya memacunya sedikit berlebihan di lap pertama, sehingga saya terjatuh," lanjutnya.

"Pada sesi sore saya mencoba sedikit lebih tenang dan menggunakan ban jenis medium, tetapi crash di FP2 lebih kuat karena kecepatan yang lebih tinggi. Kejadian ini terjadi setelah tujuh atau delapan lap, jadi sejujurnya saya tidak memperkirakannya. Kini kami perlu memeriksa datanya agar bisa memahaminya."

"Di luar crash tadi, kecepatan saya tidak terlalu buruk. Di Valencia ini memang selalu sulit, tetapi saya cukup oke dengan motor saya."

"Kami perlu memutuskan ban mana yang tepat, agar kami bisa mencapai hasil yang baik di hari Sabtu dan masuk 10 besar. Sebab sangat penting untuk bisa masuk Q2 nantinya." pungkas Rossi.

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Widita Fembrian