• News

  • Olahraga

AZ Alkmaar Gagal Ambil Alih Puncak Klasemen

Para pemanin AZ Alkmaar
Istimewa
Para pemanin AZ Alkmaar

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - AZ Alkmaar gagal mengambil alih puncak klasemen dari Ajax setelah dipecundangi tuan rumah Sparta Rotterdam dalam laga pekan ke-18 Liga Belanda yang digelar di Stadion Het Kasteel, Sabtu (21/22/2019) waktu setempat.

Kekalahan 3-0 ini membuat AZ tertahan di posisi kedua setelah mengumpulkan 41 poin atau memiliki poin sama dengan Ajax yang baru bermain pada Minggu melawan ADO Den Haag, demikian catatan Liga Belanda.

Sementara bagi Sparta, tiga poin membawa mereka naik satu peringkat ke posisi 10 dengan raihan 23 angka. Adil Auassar, Bryan Smeets, dan Halil Dervisoglu masing-masing mencetak satu gol bagi tuan rumah, sekaligus membantu Ajax memiliki peluang menjaga jarak terbuka lebar.

AZ sudah bermain pincang sejak awal-awal laga, sebab kiper Marco Bizot harus diusir wasit setelah melakukan pelanggaran keras di luar kotak penalti pada menit ke-5.

Keunggulan jumlah pemain dimaksimalkan betul oleh tuan rumah. Adil Auassar mencetak gol pembuka Sparta saat sepakan jarak jauh indah menghujam gawang Rody de Boer pada menit ke-18.

AZ memang menguasai jalannya pertandingan, namun serangan-serangan mereka selalu mentah kala memasuki lini terakhir Sparta dan bola lebih banyak bergulir di tengah.

11 menit berselang Bryan Smeets mampu menggandakan keunggulan lewat akselerasinya memaksimalkan kesalahan pemain AZ Alkmaar yang tak bisa mengantisipasi bola. Bryan lantas mencurinya dan melakukan solo run untuk menggetarkan gawang AZ.

Jelang babak pertama berakhir, AZ berupaya keras untuk mengejar ketertinggalan lewat aksi Owen Wijndal dan Oussama Idrissi. Namun dari tiga serangan yang dilancarkan tak ada satu pun yang membuat gawang Sparta dalam kondisi bahaya.

Sparta semakin menjauh dari kejaran AZ, mereka mampu menambah satu gol lagi saat waktu menunjukkan menit ke-57. Berawal dari aksi Bryan Smmets, ia dijatuhkan Jordy Clasie di dalam kotak penalti.

Halil Dervisoglu yang maju sebagai eksekutor tak kesulitan untuk kembali menaklukkan kiper Rody de Boer dan membawa Sparta unggul 3-0.

Guna mengejar ketertinggalan, pelatih Arne Slot langsung memasukkan dua pemain yakni Yukinari Sugawara dan Zakaria Aboukhlal untuk menambah daya gedor di lini depan.

Meski begitu, AZ tak bisa memperkecil keunggulan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Skor 3-0 untuk kemenangan Sparta Rotterdam atas AZ Alkmaar.

Berikut susunan pemain:

Sparta Rotterdam (4-4-2): Ariel Harush; Dirk Abels (Abdallah Aberkane), Bart Vriends, Jurgen Mattheij, Lassana Faye; Dante Rigo, Abdou Harroui (Lars Veldwijk), Adil Auassar, Bryan Smeets; Ragnar Ache, Halil Dervisoglu (Mohamed Rayhi).

AZ Alkmaar (4-3-3): Marco Bizot; Owen Wijndal, Stjin Wuytens, Jordi Clasie, Jonas Svensson; Teun Koopmeiners, Dani De Wit, (Rody de Boer), Fredrik Midtsjo; Oussama Idrisi (Zakaria Aboukhlal), Myron Boadu (Yukinari Sugawara), Calvin Stengs.

Pelatih: Arne Slot

Editor : Sesmawati