• News

  • Olahraga

Kejuaraan Dunia 2017 Jadi Momentum untuk Irene

Konferensi pers  Irene Kharisma Sukandar.(Netralnews/Dimas Elfarisi)
Konferensi pers Irene Kharisma Sukandar.(Netralnews/Dimas Elfarisi)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pecatur putri terbaik Indonesia IM/WGM Irene Kharisma Sukandar yakin kejuaraan dunia catur wanita 2017 di Teheran, Iran, merupakan momentum untuk bisa menggenjot prestasi di tingkat internasional dan mencetak sejarah catur Indonesia.

"Ini peristiwa yang pas sekali karena tepat Desember lalu saya genap latihan dua tahun bersama Grand Master Susan Polgar sekaligus merampungkan pendidikan saya di Amerika Serikat, sehingga sudah banyak persiapan saya untuk ikut kejuaraan dunia kali ini," kata Irene saat konferensi pers di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Kejuaraan dunia catur wanita yang akan berlangsung pada 10 Februari-5 Maret 2017 di Espinas Palace Hotel merupakan yang kedua bagi Irene. Dalam penampilannya di Sochi, Rusia pada bulan April 2015 dengan status sebagai juara Asia 2012, Irene yang menjadi unggulan ke-39 saat itu, harus tersingkir pada putaran pertama dari pecatur asal Georgia Salome Melia yang menjadi unggulan ke-26.

Irene tersingkir dalam babak play-off catur cepat (0-2) setelah bertarung ketat 1-1 pada catur standar. Akan tetapi, pecatur kelahiran 7 April 1992 tersebut mengaku dirinya lebih siap kali ini dibandingkan dua tahun yang lalu.

"Saya lebih percaya diri dari dua tahun lalu, pasalnya ini turnamen pertama saya sebagai profesional dan dengan persiapan yang matang," ujar Irene yang kini memiliki rating 2421 dan datang sebagai unggulan ke-32 di ajang tersebut.

Selama dua tahun di Amerika Serikat, selain berlatih bersama Susan Polgar, Irene juga berkuliah pasca sarjana bidang Hubungan Internasional di Webster University, St. Louis dan selama waktu tersebut, perempuan 25 tahun itu sudah mengikuti 13 turnamen internasional dengan hasil yang baik dan stabil dengan rata-rata menempati urutan tiga besar.

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Widita Fembrian