• News

  • Olahraga

Dominasi GP Italia, Hamilton Kuasai Puncak Klasemen

Aksi pebalap Mercedes, Lewis Hamilton di Monza (formula1)
Aksi pebalap Mercedes, Lewis Hamilton di Monza (formula1)

MONZA, NETRALNEWS.COM – Tak ada lawan. Itulah kesimpulan mengamati jalannya perlombaan seri balapan ke-13 Formula One (F1) musim ini, GP Italia, yang berlangsung di Sirkuit Monza, Minggu (3/9/2017).

Para pebalap Mercedes tampil dominan sejak start dan menempatkan dua pebalapnya, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas menyentuh garis finis pertama usai mengitari sirkuit sepanjang 5.793 km tersebut dalam 53 putaran (lap). Kedua pebalap unggul sangat jauh dari peringkat ketiga yang ditempati pebalap utama Ferrari, Sebastian Vettel.

Dengan demikian, kemenangan untuk kedua kalinya secara beruntun tersebut, sebelumnya juga menjadi yang tercepat di GP Belgia pekan lalu, Hamilton berhak menduduki puncak klasemen menggusur Vettel. Kini Hamilton berbalik unggul 3 poin dari rival terdekatnya itu.

Jalannya lomba dapat dikatakan relatif datar-datar saja. Laju Hamilton sejak start sangat mulus. Aksi yang menarik hanya terjadi dalam dua lap pertama saat Bottas dan Kimi Raikkonen saling salip. Tanpa kesulitan, setelah menyalip Raikkonen, Bottas mengambil alih posisi Lance Stroll dan Esteban Ocon yang memulai start dari posisi dua dan tiga. Sejak itu, Bottas terus menempel Hamilton.

Sementara itu, ambisi Ferrari untuk kembali bangkit di depan pendukungnya sendiri kandas. Setelah mengambil alih posisi Ocon di lap kedelapan, Vettel tetap berada di peringkat ketiga. Sementara, Raikkonen justru terlempar ke peringkat kelima setelah disalip Daniel Ricciardo. Pebalap Red Bull tersebut tampil luar biasa setelah memulai lomba dari posisi ke-16. 

Editor : ME Gunawan