• News

  • Opini

Tak Cukup Tol Trans Jawa, Kendalikan Nafsu Gunakan Mobil Pribadi!

Ketua FAKTA Azas Tigor Nainggolan
Netralnews/ Dok.Istimewa
Ketua FAKTA Azas Tigor Nainggolan

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tingginya penggunaan kendaraan pribadi pada arus balik mudik Lebaran menyebabkan terjadinya kemacetan di ruas jalan tol Cikampek. Sudah tersambungnya jalan tol Trans Jawa menyebabkan banyak masyarakat ingin mencoba sensasi berlibur atau mudik melalui jalan tol.

Begitu pula dengan pengalaman lancarnya perjalanan liburan mudik Lebaran tahun lalu  menjadi tantangan keinginan mencoba lagi sensasi jalan tol Trans Jawa yang sudah tersambung beroperasi baik.

Juga dengan naiknya harga tiket pesawat terbang menjadi peningkatan masyarakat berpindah menggunakan kendaraan jalan darat saat mudik Lebaran.

Setidaknya tiga alasan  ada di atas menjadi tingginya penggunaan transportasi jalan darat terutama kendaraan bermotor di jalan tol. Tingginya penggunaan jalan tol saat ini masih didominasi oleh kendaraan pribadi untuk libur mudik berlebaran kali ini.

Selain tiga alasan di atas juga ada alasan tingginya minat menggunakan kendaraan pribadi adalah disebabkan masih minimnya sistem layanan angkutan umum di kota tujuan para pemudik.

Perilaku mudah menggunakan kendaraan pribadi inilah yang harus dievaluasi serta dikendalikan untuk mengurangi kepadatan dan kemacetan arus mudik lebaran di jalan tol.

Pengendalian penggunaan kendaraan pribadi ini dapat dikurangi jika ada dibangun sistem layanan angkutan umum di kota tujuan mudik. Walau memang terjadi kepadatan atau kemacetan saat arus balik Lebaran kali tidak bisa dilihat sebagai sebuah kegagalan dalam melayani arus mudik Lebaran.

Tetap adalah sebuah prestasi yang sudah dilakukan para petugas di lapangan saat melayani arus mudik masyarakat berlebaran. Tidak bisa dipungkiri karena  pada arus mudik berjalan lancar dan terjadinya penurunan sekitar 60% angka kecelakaan pada masa mudik Lebaran 2019 ini.

Jalan Tol memang bukan satu-satunya solusi mengurangi kemacetan. Mengendalikan dan menahan keinginan penggunaan kendaraan pribadi jugalah yang harus dilakukan agar tidak terjadi kemacetan di jalan tol.

 

Penulis: Azas Tigor Nainggolan 

Analis Kebijakan Transportasi, Ketua Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA), dan Ketua Koalisi Warga untuk Transportasi (KAWAT) Indonesia.

Editor : Taat Ujianto