• News

  • Opini

Bijak dan Jangan Menyerah

Birgaldo Sinaga
foto: istimewa
Birgaldo Sinaga

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dalam hidup sering kita mendengar banyak orang mengeluh. Denial. Mencari seribu alasan pembenar atas keadaan yang tidak berpihak padanya.

Bisa saja itu benar. Ada satu kondisi yang bikin apes. Pas lagi bikin proyek baru, tiba-tiba dihantam badai corona. Amblas semua investasi berikut semua harta benda.

Tapi kita masih hidup bukan?

Artinya kita masih bisa mengaso sejenak. Menarik nafas duduk merenung. Diam saja. Tidak usah berpikir larut bagaimana menantang badai itu.

Duduklah di teras pagi hari. Perhatikan burung-burung yang bertengger di dahan pohon. Mereka bersiulan bercengkerama menyambut pagi. Tidak peduli sebentar lagi mereka akan terbang dapat makanan atau tidak.

Semua manusia ingin produktif. Ingin kaya. Ingin punya ini dan itu. Itu wajar sekali.

Tapi manusia yang bijak pasti tahu bahwa ada saat bersandar sebentar di balik tembok. Bukan karena menyerah. Tapi karena diam bersandar kita bisa mencari tahu arti kehidupan. Hakikat kehidupan.

Yang terpenting adalah jangan pernah menyerah. Sekecil apapun langkahmu, melangkahlah. Selemah apapun gerakanmu, gerakkanlah. Sekabur apapun penglihatanmu, pandanglah.

Terkadang untuk memenangkan pertarungan tidak selamanya kita harus memukul dengan keras. Pelan saja terkadang hasilnya bisa mengagumkan kok.

Yang penting kita lakukan dengan sepenuh dan sekuat akal budi kita. Dan itu terus menerus sampai nafas berpisah dengan raga kita.

Salam perjuangan penuh cinta

Penulis: Birgaldo Sinaga

Editor : Taat Ujianto