• News

  • Otomotif

Menteri di Filipina Pakai Avanza, di Indonesia?

Toyota Avanza
Toyota Astra Motor
Toyota Avanza

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jajaran Menteri yang bakal dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada periode keduanya ini bakal nikmayti  mobil dinas baru. Tak tanggung-tanggung, anggaran yang digelontorkan untuk pengadaan itu mencapai Rp152 miliar.

Hal ini merujuk pada surat lelang yang diadakan oleh Kementerian Keuangan. Pada laman Layanan Pengadaan Sistem Elektronik, tertera pengadaan kendaraan dinas untuk menteri. Lelang sudah ditutup pada April 2019.

Dari puluhan peserta yang mendaftar, hanya ada empat dinyatakan layak untuk penyediaan mobil dinas itu. Empat perusahaan yang lolos, bergerak dalam bidang penjualan mobil. Salah satunya PT Astra International Tbk.

Menanggapi informasi tersebut, Head of Corporate Communication PT Astra International TBK, Boy Kelana Soebroto mengatakan, pihaknya enggan berkomentar lebih jauh mengenai adanya pengumuman hasil lelang pengadaan mobil baru untuk Menteri. Pihaknya hanya bisa menginformasikan sebatas pada pengumuman lelang.

Saat ini, jajaran menteri masih menggunakan Toyota Crown Royal Saloon edisi ke-14. Mobil tersebut masih terlihat mulus dan kinclong, sehingga pengadaan unit barunya dipertanyakan oleh banyak pihak.

Namun, kondisi ini berbanding terbalik dengan para menteri di Filipina. Menukil Asiancorrespondent, Presiden Filipina Rodrigo Duterte inginkan kendaraan dinas paling murah untuk anak buahnya.

Dari semua pilihan kendaraan yang ada di Filipina, Duterte menyebut nama produk yang sangat dikenal di Indonesia, yaitu Toyota Avanza.

Langkah ini diambil oleh presiden yang kerap kontroversi ini demi efisiensi anggaran dengan menekan semaksimal mungkin anggaran belanja negera.

Editor : Firman Qusnulyakin