• News

  • Otomotif

Menperin Airlangga Hartarto Buka IMX 2019

Suasana pembukaan IMX 2019 oleh Menperin Airlangga Hartarto
Istimewa
Suasana pembukaan IMX 2019 oleh Menperin Airlangga Hartarto

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 resmi dibuka. Event expo modifikasi terbesar dan sudah dilaksanakan kedua kalinya Tanah Air ini akan dilangsungkan sampai Minggu (29/9/2019) di Balai Kartini, Jakarta. IMX merupakan event yang digagas National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) dengan tujuan mengerakkan dan menggairahkan industri modifikasi Indonesia.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Ir. Harjanto, M.Eng, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika, serta Andre Mulyadi - founder NMAA sekaligus Project Director IMX pun secara simbolis membuka expo modifikasi terbesar di Indonesia ini.

“Kami senang jika pada akhirnya pelaku modifikasi memiliki expo-nya sendiri yang konsisten berjalan dari tahun ke tahun. Sehingga melalui IMX ini, kami berharap semakin banyak merek-merek lokal yang percaya diri menampilkan produknya. Selain itu semoga pelaku modifikasi Tanah Air akan semakin terasah kemampuannya dalam soal kualitas, safety yang memenuhi standar internasional. Pada gilirannya nanti, modifikasi Indonesia bisa menjadi komoditas ekspor yang menguntungkan,” kata Airlangga Hartarto.

Kemenperin setiap tahun selalu mendukung IMX sebagai salah satu pendorong perkembangan dunia otomotif Tanah Air. Melalui aktivasi AMMDes Digimodz yang dihelat beberapa waktu lalu, Kemenperin RI dan PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) selaku produsen AMMDes menunjuk IMX sebagai lokasi pengumuman sekaligus memamerkan karya pemenang dari kompetisi modifikasi digital tersebut.

Karya AMMDes dengan konsep mini mixer truck buatan Dandung Prasojo dari Banyuwangi, Jawa Timur telah dipilih juri sebagai pemenang kompetisi AMMDes Digimodz. Konsep tersebut dinilai kuat dan bisa sangat berguna jika di-develop pada AMMDes untuk pembangunan jalan dan bangunan di pedesaan dengan kawasan yang tak mungkin dimasuki truck “molen” berukuran besar.

Tahun kedua ini IMX mencatat 30 persen lebih banyak exhibitor dari dalam dan luar negeri. Khusus tenant luar negeri yang berpartisipasi di IMX 2019 di antaranya adalah rumah modifikasi Rywire Motorsport Electronics dari Amerika Serikat, tuner JDM Yard dari Australia, penyelenggara Osaka Automesse dari Jepang, majalah modifikasi Super Street dari Amerika Serikat, brand velg SSR dari Jepang, serta legenda kustom kulture Mooneyes asal Jepang.

Shige Sunaguma selaku pemilik Mooneyes yang juga dianggap sebagai “The Godfather of Japanese Custom Scene” menyempatkan datang ke IMX 2019 sebagai bagian dari rangkaian kegiatannya di Indonesia. Inilah pertama kalinya ia menyapa penggemar modifikasi melalui IMX, dan merespons positif adanya expo modifikasi di Tanah Air. Ia berharap ranah custom mobil di Indonesia terus bertumbuh dan berkembang seperti di Jepang dan Amerika.

Produk Terbaik Dengan Harga Terbaik

Setiap tenant produk dan jasa aftermarket di IMX 2019 memiliki program promosi untuk para pengunjung. Mulai dari produk busi, karpet mobil, sticker, car cover, lampu, audio, velg, air suspension, kaca film, body kit, sampai car detailing memberikan harga terbaiknya dalam dua hari penyelenggaraan IMX 2019. Selain  itu terdapat dukungan Tokopedia yang akan memberikan kemudahan dan keuntungan berbelanja melalui program cicilan 0% serta ratusan cashback voucher.

“Dalam setiap penyelenggaraan IMX kami ingin selalu memanjakan pengunjung yang datang tak hanya dengan konten acara yang menarik, tetapi juga lewat program penjualan produk terbaik yang bisa didapatkan dengan harga terbaik. Apalagi pengunjung sekaligus berkesempatan mendapatkan produk modifikasi terbaru yang dirilis hari ini,” bilang Andre Mulyadi.

Pada hari pertama penyelenggaraan IMX beberapa produk, kolaborasi, dan karya modifikasi dirilis ke pasaran. Di antaranya adalah;

1. Kolaborasi Datsun Indonesia dengan brand legenda kustom kulture Mooneyes membuat Datsun GO edisi khusus.

2. AMMDes 1:1 berkonsep mini mixer truck hasil karya pemenang kompetisi digital AMMDes Digimodz.

3. Mobil modifikasi Lamborgini Aventador dengan produk lokal KARMA Bodykit.

4. Mobil Toyota Terios dan Mitsubishi Xpander dengan produk lokal Garuda Bodykit.

5. Honda HR-V modifikasi di booth Honda Indonesia yang berkolaborasi dengan influencer Kiki Anugraha.

6. Peluncuran produk velg lokal Avantech jenis beadlock untuk penyuka tampilan off-road.

7. Peluncuran merek velg aftermarket lokal Torsion Wheel dengan desain-desain yang atraktif

8. Produk lampu LED RS300 Autovision yang memiliki 3 warna.

9. Produk radiator coolant Prestone dengan tutup biru dengan formula dan keunggulan yang lebih baik.

10.Penampilan perdana Suzuki New Carry Pick Up dengan gaya yang lebih macho.

 

11.Kopdar akbar ratusan komunitas mobil dari seluruh Indonesia.

 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Firman Qusnulyakin