• News

  • Otomotif

Banyak Mobil Baru, Mobil Bekas Masih Dilirik Masyarakat

Ilustrasi Mobil Bekas (Mobil123)
Ilustrasi Mobil Bekas (Mobil123)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mobil bekas masih jadi incaran masyarakat meski mobil baru masih marak diluncurkan oleh produsen. 

Alasan mobil bekas masih dilirik, selain harganya yang lebih murah, kualitas mobil yang ditawarkan pun tidak terlalu "jomplang" dengan model baru.

Situs jual beli Carmudi, Selasa (20/12/2016), menyebutkan, mobil bekas yang tahun ini memiliki harga purnajual stabil antara lain Daihatsu Ayla, Datsun Go, Suzuki Wagon R, Toyota Agya dan Honda Brio. 

Depresiasi harga mobkas tersebut berkisar Rp 1-5 juta dalam rentang satu tahun ini.

Carmudi mengambil sampel mobil-mobil tersebut berdasarkan tahun produksi satu tahun terakhir atau tahun 2015. Data mobkas tersebut diambil dalam rentang satu tahun ini (2016). Carmudi sendiri memiliki database 45 ribu listing kendaraan tiap bulannya.

Masih dari data litbang Carmudi, Daihatsu Xenia dan Honda Mobilio menjadi daftar paling atas untuk urusan harga purna jualnya di segmen kendaraan keluarga atau MPV.

Carmudi mengambil sampel MPV dari varian paling tinggi untuk setiap merek, hasilnya membuktikan bahwa Daihatsu Xenia R Sporty keluaran tahun 2015 masih sangat stabil.

Jika di awal tahun 2016 dijual dengan harga pasaran Rp 194 jutaan, di Desember ini banderolnya menjadi Rp 180 jutaan. Posisi selanjutnya diduduki Honda Mobilio RS, Suzuki Ertiga GX, dan terakhir Toyota Avanza Veloz.

 

Reporter : Pramirvan Datu Aprilatu
Editor : Firman Qusnulyakin