• News

  • Otomotif

Tahun Ini, Yamaha Gagal Penuhi Target Penjualan

Yamaha NMAX (Atim Corner)
Yamaha NMAX (Atim Corner)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tahun 2016 merupakan tahun yang berat bagi Yamaha Motor Indonesia. Paslanya, tahun ini mereka tidak bisa penuhi target penjualan.

Target yang dipatok dua juta unit, namun hanya terealisasi baru 1,4 juta. Namun, lesunya pasar juga dirasakan oleh produsen kendaran roda dua lainnya.

Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur, mengatakan, penjualan Yamaha Indonesia pada tahun ini diperkirakan turun sekitar 20 persen hingga 30 persen. Dari seluruh model yang dipasarkan, Yamaha Vega yang bermain di segmen motor bebek mengalami penurunan yang paling besar.

"Untuk Vega, penurunanya di atas 30 persen. Saya belum tahu bagaimana nasib Vega ke depannya. Tapi tim bisnis Yamaha pastinya sudah mengkalkulasikan produk mana saja yang skala ekonominya masih memungkinkan," ujar Masykur, di Jakarta, Kamis (22/12/2016).

Untuk menggenjot penjualan, Masykur mengatakan pada tahun depan Yamaha Indonesia berencana melakukan penyegaran (facelift) pada line up motor sport mereka, seperti Yamaha R15, Yamaha R25, dan juga Yamaha V-Ixion.

Selain itu, mulai Januari 2017 beberapa model baru yang November lalu diluncurkan di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 juga mulai memasuki tahap produksi, di antaranya Yamaha Aerox 155VVA, Mio M3 AKS SSS dan All New Soul GT AKS SSS.

"Untuk tahun depan, kita belum ketuk palu menentukan target. Tapi kalau dari AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia), kelihatannya pasar sepeda motor pada tahun depan masih akan stagnan," tutur Masykur.

 

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Firman Qusnulyakin