• News

  • Otomotif

Pasar Domestik Lesu, Ekspor Sepeda Motor Meroket 900 Persen

Ilustrasi Sepeda Motor (Lensa Post)
Ilustrasi Sepeda Motor (Lensa Post)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) merevisi target penjualan menyusul lesunya pasar domestik. 

Meski begitu, pasar ekspor untuk sepeda motor justru meningkat signifikan. Hal ini terlihat dari peningkatan volume ekspor sepeda motor dari 2014 hingga akhir 2016 yang mendekati 900 persen.

Ketua Umum AISI, Gunadi Sindhuwinata paparkan, pada 2014, ekspor sepeda motor hanya sekitar 41.000 unit. Sementara di tahun ini, jumlahnya sudah mendekati angka 400.000 unit.

"Peningkatan pasar ekspor sepeda motor sudah mendekati target 1.000 persen di 2020. Ini didorong oleh tren baru di dunia yang mulai banyak menggunakan motor di bawah 250cc untuk keseharian, meski pun mereka sudah punya mobil," ujar Gunadi Sindhuwinata di acara diskusi media mengenai industri otomotif di Indonesia, di Jakarta, Kamis (22/12/2016).

Seperti di pasar domestik, Gunadi mengatakan, motor jenis skutik juga paling mendominasi pasar ekspor. Mayoritas motor tersebut diekspor ke negara maju, di mana peraturan layak jalannya sangat ketat.

 

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Firman Qusnulyakin