• News

  • Otomotif

Skutik Mulai Singkirkan Motor Bebek

Ilustrasi Skutik (Motor Indonesia)
Ilustrasi Skutik (Motor Indonesia)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Popularitas motor bebek perlahan redup setelah mulai ditinggal konsumen. Motor skutik jadi pilihan konsumen saat ini.

‪Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata menyampaikan, tahun ini kontribusi motor bebek terhadap pasar sepeda motor hanya sekitar 11 persen, jauh ditinggalkan skutik yang sudah memberi kontribusi sampai 77 persen.

"Pasar motor bebek memang terus turun. Bukan hanya dikalahkan skutik, tapi juga dilewati motor sport yang kontribusinya sudah 12 persen," ujar Gunadi Sindhuwinata di Jakarta, Jumat (23/12/2016).

Meski terus turun, Gunadi melihat masih ada sebagian masyarakat yang menyukai motor bebek, sehingga diprediksi masih akan bertahan dalam beberapa tahun ke depan.

Namun bila produsen sepeda motor tidak segera melakukan inovasi, pasar motor bebek dinilainya bakal semakin tergerus.

"Produsen sepeda motor perlu menciptakan motor bebek baru yang lebih inovatif, supaya pasarnya bisa hidup kembali," tutur Gunadi.

Menurunnya popularitas motor bebek juga dirasakan oleh Yamaha Indonesia. Kondisi tersebut pada akhirnya ikut memengaruhi penjualan Yamaha secara keseluruhan, yang pada tahun ini gagal mencapai target. 

Dari 2 juta unit yang ditargetkan, Yamaha hingga November 2016 baru menjual 1,4 juta unit.

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Firman Qusnulyakin