• News

  • Otomotif

AISI Prediksi Ekspor Motor Naik Dua Kali Lipat

Ilustrasi Sepeda Motor Honda (Lensa Post)
Ilustrasi Sepeda Motor Honda (Lensa Post)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang baru, Johannes Loman imbau seluruh anggota AISI agar terus meningkatkan kinerja ekspornya. 

Jika melihat pencapaian ekspor sepeda motor dari tahun ke tahun yang terus meningkat, Johannes mengaku optimistis tren positif tersebut akan berlanjut pada tahun ini.

Pada 2016 lalu, ekspor sepeda motor dari Indonesia mencapai 284.065 unit, meningkat dibandingkan tahun 2015 yang mencapai 228.229 unit. Kondisi tersebut memberi angin segar di tengah kondisi pasar sepeda motor dalam negeri yang anjlok 8,5 persen.

"Dari tahun ke tahun, ekspor sepeda motor dari Indonesia terus meningkat. Saya pikir tahun ini pencapaiannya bisa dua kali lipat dibandingkan tahun lalu," ujar Johannes Loman, di Jakarta, akhir pekan ini.

Seperti di pasar dalam negeri, Johannes mengatakan motor jenis skuter matik (skutik) selama ini paling mendominasi pasar ekspor.

"Mayoritas memang model-model yang sudah dipasarkan di Indonesia. Ekspor anggota kami sudah dilakukan ke banyak negara, mulai dari Asia Tenggara, Jepang, Eropa, semua sudah dilakukan," tuturnya.

Untuk pasar dalam negeri, Johannes memprediksi kondisinya tidak akan jauh berbeda dengan tahun lalu. Meski pun ojek online semakin menjamur di berbagai kota besar di Indonesia, ia melihat hal tersebut tidak akan berdampak besar pada penjualan sepeda motor.

"Pasar sepeda motor dalam negeri beberapa tahun terakhir ini sedang turun. Jadi memang harus lebih kreatif menjaga pasar. Untuk penjualan, saya rasa masih flat seperti tahun lalu. Harapannya minimal sama dengan tahun lalu sekitar 5,9 juta unit sampai 6 juta unit," tutur Johannes.‬

 

Reporter : Pramirvan Datu Aprilatu
Editor : Firman Qusnulyakin