• News

  • Otomotif

Daihatsu Buka ‘‘R&D Center‘‘ di Karawang

R&D Center Daihatsu di Karawang (Mobil 123)
R&D Center Daihatsu di Karawang (Mobil 123)

KARAWANG, NETRALNEWS.COM - Agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmikan gedung pusat Penelitian dan Pengembangan atau Research & Development (R&D) Center, di Kawasan Industri Suryacipra, Karawang Timur, Jawa Barat.

"Pembangunan R&D Center ini merupakan komitmen Daihatsu untuk memajukan industri otomotif tanah air, sekaligus menyiapkan ADM sebagai basis produksi dan basis produk Daihatsu di luar Jepang, sekaligus menjadi aset nasional," ujar Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra, Senin (10/4/2017).

Gedung yang memakan biaya investasi mencapai Rp1 triliun ini, dibangun di atas luas total tanah 25 hektar, dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti fasilitas Design Building, Engineering Building, dan Test Course.

"Untuk test Course di dalamnya memiliki 24 macam kondisi jalan di Indonesia, empat tipe tanjakan, tes banjir dua arah, dan lumpur," ujar R&D Executive Officer ADM, Pradipto Sugando.

Bukan itu saja, dalam gedung R&D Center ADM, terdapat juga pengujian untuk mobil yang akan diekspor.

Namun Amel menegaskan, meski ada tempat khusus untuk pengujian mobil yang akan diekspor, fokus ADM tetap pada pasar domestik.

"Ekspor, sebenarnya kami lebih banyak fokus menyiapkan produk Daihatsu untuk dalam negeri. Kalau diekspor adalah satu bonus. Tapi tetap market in Indonesia yang disesuaikan dengan pasar Indonesia," tutur Amel.

Reporter : Pramirvan Datu Aprilatu
Editor : Firman Qusnulyakin