• News

  • Otomotif

Ini Mobil Terbaik Dunia Versi ‘‘World Car Awards‘‘

SUV pertama Jaguar, F-Pace (Jaguar)
SUV pertama Jaguar, F-Pace (Jaguar)

TORONTO, NETRALNEWS.COM - Mengartikulasikan lanskap otomotif yang semakin ramai kian sulit untuk dilakukan, terutama jika Anda memperhatikan pasar untuk mendapatkan mobil baru.

World Car Awards, yang dikelola oleh organisasi nirlaba yang berbasis di Toronto dan dipilih oleh 75 anggota juri di 23 negara, memilih dari sekian banyak mobil, melewatkan mobil-mobil baru melalui sejumlah langkah yang mereka buat sepanjang tahun sebelum memberikan suara mereka. 

Pilihan tahun ini diumumkan di New York Auto Show minggu lalu. Inilah gambaran lebih dekat pada enam kategori pemenang: desain, kemewahan, performa, green, urban, dan keseluruhan.

Jaguar F-Pace SUV klaim kemenangan ganda untuk World Car of the Year dan World Car Design of the Year. Dirilis musim semi lalu, SUV pertama dari brand Inggris itu terbukti sukses dalam sekejap dan sekarang menjadi kendaraan terlaris dalam portofolionya dengan margin yang lebar. 

Dinamika luar biasa, utilitas harian, dan desainnya, membuat para juri menunjuk SUV untuk orientasi performanya di atas finalis lainnya, Audi Q5 dan Volkswagen Tiguan SUV.

"F-Pace adalah SUV pertama yang benar-benar menarik perhatian," kata Peter Lyon, ketua World Car Awards

Banyak dari 75 anggota juri memilih F-Pace bukan hanya karena Ia adalah SUV Jaguar yang pertama, tapi karena Tim R & D melakukan pekerjaan yang hebat terkait desain industri yang terdepan, dinamika kendaraan seperti mobil sport, bobot kemudi yang baik, tingkat kenyamanan tinggi, harga yang kompetitif dan jangkauan mesin yang luar biasa, terutama 3,0 L suprcharge dengan transmisi 8-speed.

"F-Pace juga menyingkirkan sedan eksekutif Mercedes-Benz S-Class dan SUV subkompak Toyota C-HR untuk kategori World Car Design, yang diperiksa oleh enam ahli desain sebelum para juri memilih.

Mercedes-Benz E-Class menang atas sedan BMW Seri 5 dan Volvo S90 dan Volvo V90 untuk kategori World Luxury Car. Mercedes telah mendominasi kategori ini dalam beberapa tahun terakhir, di mana coupe S-Class meraih penghargaan ini pada tahun 2015 dan sedan S-Class pada tahun 2014 (Sedan eksekutif BMW 7-Series menan tahun lalu.) 

Merek tersebut telah menjadi favorit juri dalam beberapa tahun terakhir: Pada tahun 2015, produsen mobil Jerman itu mencetak tiga kemenangan, membawa pulang gelar World Car of the Year untuk sedan kompak C-Class dan penghargaan World Performance Car untuk AMG GT.

Penghargaan World Performance Car tahun ini jatuh kepada Porsche untuk kelima kalinya. Tahun ini, Boxster and Cayman, yang didasarkan pada mid-engine mobil sport legendaris 718 Porsche, mengalahkan finalis lainnya dalam kategori ini: Audi R8 Spyder dan McLaren 570S. Porsche meraih gelar ini pada 2014 untuk 911 GT3, 2013 untuk Boxster and Cayman, 2012 untuk 911, dan 2006 untuk Porsche Cayman S.

Dalam kategori lingkungan, Chevrolet Bolt dan Tesla Model X mungkin telah menerima bagian terbesar dari headline otomotif tahun ini untuk rangkaian listrik superior mereka, namun hybrid plug-in Toyota Prius Prime meraih penghargaan World Green Car

Kendaraan bertenaga sel bahan bakar Mirai Toyota memenangkan penghargaan ini tahun lalu. Sementara itu, World Urban Car, sebuah kategori perdana yang menandai kepentingan global dari mobil hemat bahan bakar dan lebih kecil, diberikan kepada BMW i3. Mobil listrik mewah, yang mengalahkan Citroen C3 dan Suzuki Ignis untuk penghargaan ini, menurut juri membuktikan bahwa kendaraan kecil tidak harus murah, tidak diinginkan, atau tidak menyenangkan untuk dikendarai.

Reporter : Hermina W
Editor : Firman Qusnulyakin
Sumber : Forbes