• News

  • Pendidikan

FSGI: Jangan Memaksakan UNBK di Seluruh Sekolah Secara Nasional

FSGI: Jangan memaksakan UNBK di seluruh sekolah secara nasional.
Warta
FSGI: Jangan memaksakan UNBK di seluruh sekolah secara nasional.

JAKARTA, NNC – Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai, Pemerintah terkesan terlalu memaksakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di seluruh sekolah secara nasional. Menurut Wakil Sekretaris Jenderal FSGI Satriwan Salim, UNBK belum siap diterapkan secara nasional, salah satunya karena wilayah Indonesia yang luas dan beragam.

Kata Satriwan, ada daerah Terluar, Tertinggal dan Terdepan (3T) yang infrastruktur, sarana dan fasilitas pendidikannya belum selengkap di kota besar. Apabila fasilitas dan segala sarana di sekolah sudah dipenuhi, khususnya yang berbasis TIK maka barulah dilaksanakan UNBK secara bertahap.

“Ini dulu yang mesti dibenahi. Jika Pemerintah ingin UNBK di seluruh sekolah, maka harus menyiapakan fasilitas-fasilitas pendukung, sarana, komputer secara maksimal. Jangan bebankan penyediaan fasilitas tersebut kepada sekolah atau orang tua,” kata Satriwan, seperti keterangan tertulisnya pada NNC, Jumat (13/4/2018).

Lebih lanjut Satriwan katakan bahwa waktu setahun ke depan harus diorientasikan kepada pembenahan masalah-masalah terkait UNBK, termasuk pelatihan bagi calon proktor-teknisi agar lebih terampil. Kendala-kendala teknis tersebut haru segera dibenahi, apalagi minggu depan para siswa SMP/MTs akan menghadapi UNBK. “Jangan sampai masalah teknis ini terus saja berulang,” sambung dia.

Satriwan juga berharap soal UNBK bisa benar-benar sesuai Try Out (TO) dan kisi-kisi yang disampaikan jauh-jauh hari sebelum UNBK. Sehingga siswa tidak dibebani dua kali, yakni belajar sungguh-sungguh di TO, namun soalnya tak sesuai dengan yang dipelajari selama TO.

Pernyataan ini disampaikan FSGI menyusul berbagai laporan di hari kedua sampai keempat UNBK Sekolah Menengah Atas (SMA) terkait keluhan terhadap soal Matematika yang dirasakan sangat sukar oleh siswa. Menurut laporan, soal Matematika UNBK 2018 jauh berbeda dari soal Uji Coba atau TO yang selama ini telah dipelajari siswa.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani