• News

  • Pendidikan

Melalui KKN Tematik, Mahasiswa Ikut Serta Membersihkan Citarum

Pembersihan Sungai Citarum
dok.tribunnews
Pembersihan Sungai Citarum

JAKARTA NNC -- Pemerintah terus bergerak melakukan pembersihan sungai Citarum. Salah satunya dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum.

Menko Maritim Luhut Pandjaitan sebagai Ketua Tim Pengarah terus bergerak mengkoordinasikan berbagai instansi menyelesaikan masalah untuk membuat Citarum kembali bersih.

Kali ini, dalam rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) juga memberi perhatian pada perbaikan Citarum. 

Menristekdikti Muhammad Nasir meluncurkan KKN Tematik bertema sumbangsih Pendidikan Tinggi untuk Wujudkan Citarum Harum di Bandung (3 Mei 2018). Menko Maritim Luhut Pandjaitan yang juga Ketua Tim Pengarah pada kesempatan ini memberikan pidato kunci dan membuka acara mewakili Presiden Joko Widodo.

Menristekdikti Muhammad Nasir mendorong mahasiswa dan akademisi berperan aktif dalam perbaikan Citarum, “Kementerian Ristekdikti langsung  merespon secepat-cepatnya untuk berkoordinasi dalam hal ini kepada seluruh Rektor di perguruan tinggi negeri se-Jawa Barat, maupun kepada perguruan tinggi swasta baik di Jawa Barat maupun di DKI dan sekitarnya, kami sudah koordinasikan,  baik dari hulu, tengah maupun hilir jadi di clustering sesuai bidangnya masing-masing.” 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang menjadi ajang pengabdian masyarakat sesuai tema kali ini akan menempatkan mahasiswa berdampingan dengan masyarakat yang tinggal di sekitar Citarum, baik di hulu, tengah maupun hilir.

“Khususnya KKN, jadi nanti akan ada mahasiswa melakukan pendampingan kepada masyarakat,  untuk mengedukasi masyarakat yang kedua inovasi yang dihasilkan di perguruan tinggi harus diimplementasikan kepada masyarakat,  yang ketiga adalah bagaimana agar masyarakat nilai ekonominya ditingkatkan agar ekonominya makin baik.  KKN tematik sekarang sedang berjalan”, disampaikan Menristekdikti Muhammad Nasir kepada media.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya