• News

  • Pendidikan

Mendikbud Akan Pertimbangkan Hasil UN Jadi Syarat Kelulusan atau Tidak

Mendikbud Muhadjir Effendy bersama siswa SD.
NNC/Martina Rosa
Mendikbud Muhadjir Effendy bersama siswa SD.

JAKARTA, NNC – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy akan mempertimbangkan apakah Ujian Nasional (UN) akan kembali menjadi syarat kelulusan siswa atau tidak. Pernyataan tersebut disampaikan Mendikbud merespon adanya penurunan nilai Ujian Nasional (UN) SMA/sederajat 2018.

Itu kita evaluasi nanti. Bisa saja (UN dipertimbangkan kembali jadi syarat kelulusan siswa),” kata Mendikbud, dikutip dari akun resmi media sosial (medsos) Instagram Kemendikbud, kemendikbud_ri.

Menteri Muhadjir menilai bahwa kemampuan siswa sebenarnya tidak mengalami penurunan. Hanya saja, ada sejumlah faktor yang menyebabkan nilai UN SMA mengaalmi penurunan.

Pertama mengenai instrumen Higher Order Thinking Skill (HOTS), perubahan UN Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) ke UN Berbasis Komputer (UNBK). Namun dibalik hal itu, Mendikbud menilai ada kenaikan integritas dari sekolah yang terapkan UNBK.

Pernyataan Mendikbud menuai komentar dari para warganet yang mayoritas merupakan pelajar Indonesia.

“persulit terus saja pak!,” kata akun ahmdsgf.

jangan pak ga kuat saya pa,” kata akun khansa2_.

Jangan Pak, cukup begini saja *emoji*,” kata akun salsabilaputrif.

Pak. Saran lagii Semester Depan Siswa tidak UN, seperti negara Finlandia yg pendidikannya NO 1 didunia *emoji*,” kata akun naf.lih.

Terjadi penurunan it karena SOAL” UN Terlalu SULITTTT,” kata dimash_gilanx06.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang