• News

  • Pendidikan

Dua Penerima KIP Wakili Indonesia ke Amerika

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad
Infonawacita
Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad

JAKARTA, NNC - Dua penerima manfaat Kartu Indonesia Pintar (KIP), Yuan Kurniawan dan I Dewa Gede Wicaksana Prabaswara dari SMA Negeri Bali Mandara mewakili Indonesia pada ajang kompetisi ilmiah internasional, Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) 2018 yang diselenggarakan di Pittsburgh, Pennsylvania Amerika Serikat.

"Dua penerima KIP ini merupakan pemenang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) dan finalis Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) 2017," ujar Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad, di Jakarta, Jumat (11/5/2018).

Hamid menjelaskan Yuan dan Gede merupakan dua dari 18 pelajar yang dikirim ke ajang yang digelar pada 13 hingga 18 Mei tersebut.

Intel ISEF merupakan ajang kompetisi sains pra perguruan tinggi terbesar di dunia. Pada tahun ini, ajang itu diikuti 1.800 peserta yang berasal dari 80 negara.

"Kami minta para pelajar SMA yang akan berlaga di Amerika harus tetap fokus dan percaya diri serta menjaga mental ketika bertemu dan melihat karya penelitian dari pelajar yang berasal dari berbagai negara," kata Hamid.

Para peneliti remaja yang berangkat ini diharapkan bisa menjadi duta sains bangsa dan bisa membangun jejaring dengan peneliti remaja dunia lainnya.

Sementara itu, Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud, Purwadi Sutanto, mengatakan pemerintah memfasilitasi berbagai potensi bakat dan minat peserta didik SMA.

"Kami menfasilitasi berbagai program dan kegiatan bidang sains, olahraga, seni, bahasa, penelitian, dan sebagainya sebagai bentuk implementasi pendidikan karakter bangsa," kata Purwadi, seperti yang dikutip dari Antara.

Kasubdit Peserta Didik Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud, Suharlan, menambahkan ajang tersebut merupakan bukti apresiasi atas capaian prestasi para pelajar yang telah mengikuti kompetisi ilmiah di Indonesia.

Suharlan menargetkan tim Indonesia bisa meraih medali sebanyak-sebanyaknya. Apalagi siswa yang terpilih ini sudah melalui seleksi ketat.

"Mereka telah dibimbing tim handal dari LIPI, kami yakin bisa mendapatkan medali sebanyak-banyaknya," kata Suharlan.

Editor : Sulha Handayani