• News

  • Pendidikan

PMB 2018, Puluhan Alumni FE UNTAR Berbagi Kisah Sukses

Alumni FE UNTAR dan Dekan FE UNTAR.
NNC/Martina Rosa Dwi Lestari
Alumni FE UNTAR dan Dekan FE UNTAR.

JAKARTA, NNC - Ada yang berbeda dalam salah satu rangkaian kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) angkatan 2018 di Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Tarumanagara ( UNTAR) kali ini. Bagaimana tidak, ada sebanyak 26 alumni FE UNTAR yang menyempatkan diri untuk berbagi kisah sukes kepada kurang lebih 1.200 Mahasiswa Baru (Maba) FE UNTAR angkatan 2018, sekaligus membagikan buku yang berjudul Menggapai Mimpi.

Buku Menggapai Mimpi merupakan kumpulan kisah perjuangan hidup dari 58 Alumni FE UNTAR yang sukses dalam mewujudkan mimpi oleh Agung Adiprasetyo, yang diterbitkan pertama kali oleh Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama pada 2017. Kisah perjuangan hidup 58 Alumni FE UNTAR dalam buku khusus diterbitkan sebagai hadiah ulang tahun ke-58 untuk Almanater UNTAR dan FE UNTAR pada Oktober 2017 lalu. 

Pada Kamis (9/8/2018) pagi, 26 orang dari 58 alumni dalam kisah buku tersebut mengisi sesi sharing inspirasi pukul 10.00 WIB di tiap kelas. Sehingga dalam satu kelas Maba FE UNTAR, terdapat satu alumni yang menjadi pembicara. 

Dalam tiap kelas, alumni dengan hangat memperkenalkan diri dan menceritakan kisah memilih dan berkuliah di FE UNTAR. Mereka juga secara singkat bercerita mengenai kisah mencapai kesuksesan dan mengutarakan harapannya pada para Maba FE UNTAR angkatan 2018.

Seperti salah satu kelas yang diisi oleh pembicara, Alumni FE Untar angkatan 1985, Hadi Cahyadi. Hadi mengaku tidak ada hal yang luar biasa yang dilewati saat masa kanak-kanak ketika di Lampung. Singkat cerita ketika ingin melanjutkan pendidikan selepas SMAK di St Jusup Malang, Hadi mendaftar ke beberapa perguruan tinggi, salah satunya Kedokteran Maranatha dan Arsitektur Trisakti. 

Tapi disayangkan, sang ibunda tidak mendukung Hadi masuk Arsitektur Trisakti, karena tidak pernah melihat Hadi menggambar. Begitu pula di Kedokteran Maranatha, Hadi juga tidak berhasil mengantongi dukungan ibundanya karena Hadi dinilai sebagai orang yang tidak sabaran. 

Akhirnya Hadi memilih pulang kampung ke Lampung untuk menenangkan diri. Setibanya di Lampung, ada teman SD nya bernama Hermawan yang mengaku akan kuliah di FE UNTAR. Ibunda Hadi akhirnya menasihati agar Hadi mendaftar pendidikan ke perguruan tinggi serta tujuan yang sama dengan Hermawan. 

"Ibu menasihati saya masuk ke FE. Alasannya, kalaupun tidak selesai atau Drop Out (DO), saya masih bisa jaga toko di Lampung," ujar Hadi yang juga Ketua Harian Alumni FE UNTAR ini.

Siapa sangka, Hadi yang awalnya kecewa masuk FE UNTAR, akhirnya dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu. Dia juga melanjutkan pendidikan MBA di University of Houston, Texas dan menyelesaikan Master Corporation Law (MCL) di RMIT Melbourne dengan predikat cum laude. 

"Pemilik PB&Co Prijohandojo merupakan mentor dan role model saya yang luar biasa. Beliau selalu memberi wejangan do not kill the golden goose, " ujar pendiri perusahaan yang menawarkan jasa keuangan di bidang M&A, Fundraising dan Debt Restructuring ini.

Tujuan Libatkan Alumni dalam PMB 

Pada kesemapatan yang sama, Dekan FE UNTAR Sawidji Widoatmodjo menyambut baik sharing inspirasi Alumni FE UNTAR pada PMB 2018. Menurut Sawidji, sharing inspirasi para Alumni FE UNTAR dapat membangun semangat, memberi gambaran dunia kuliah dan kerja dalam praktiknya pada Maba FE UNTAR angkatan 2018. 

Alumni FE UNTAR juga dinilai Sawidji terdiri dari orang-orang profesional dan bekerja di perusahaan ternama, sehingga dapat terjalin kerja sama terkait penyediaan tempat magang hingga bekerja bagi mahasiswa. Tidak hanya itu, kehadiran Alumni FE UNTAR dalam PMB 2018 juga menjadi salah satu media silahturahmi antar alumni dan almamaternya.

"Selain sharing inspirasi, sebelumnya telah diadakan Tarumanagara Entrepreneur Forum (TEF) pada peringatan ulang tahun FE UNTAR pada Oktober 2017 lalu. Kemudian ada juga Program Alumni Connect sejak awal 2018, dimana tiap bulan diadakan diskusi terakit isu menarik dan reuni bagi Alumni FE UNTAR," kata Sawidji pada NNC.

Salah satu Alumni FE UNTAR, Lok Budianto juga berharap kegiatan serupa dapat dilakukan setiap tahun. Menurutnya, pertemuan antar alumni dan Maba dapat menjadi sarana bagi para alumni untuk mencari sumber karyawan untuk direkrut di perusahaan para alumni. 

Dia juga mengaku antusias membagikan kisah inspirasi di kelas pada Maba FE UNATR 2018. Kata pria yang akrab disapa Budi ini, awalnya Maba terlihat tegang dan bingung masuk ke FE UNTAR dan dinilai wajar karena baru lulus SMA. Tetapi suasana cair, ketika Maba antusias bertanya seputar kehidupan menempuh pendidikan di perguruan tinggi, hingga kisah percintaan di kampus. 

"Tetap keep contact, perlu juga kedekatan emosional dan kami butuh Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa direkrut dari UNTAR. Jadi bagi Maba angkatan 2018, semangat, jangan menyerah, dalam persaingan, gagal adalah hal biasa," ujar Partner Assurance PwC Indonesia ini.

Salah satu Maba UNTAR FE Jurusan Manajemen Angkatan 2018 Zefanya Salsabilla (18) mengaku, merasa senang menerima sesi sharing inspirasi dalam PMB 2018. Pasalnya, selain melakukan perkenalan dunia kampus, dia bersama teman-teman juga bisa menerima kisah sukses yang memicu semangatnya untuk menitih pendidikan.

"Adanya sharing inspirasi dari alumni membuat saya menambah wawasan, pengalaman dan tahu jauh mengenai jenjang karir sekolah di FE. Dari sharing juga memicu saya untuk membuat UNTAR  lebih baik dan maju," kata Zefanya usai sharing inspirasi.

Tak Ada Perundungan dalam PMB 2018 FE UNTAR

Lebih lanjut Wakil Ketua Umum (Waketum) Internal Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FE UNTAR Amoreta Yulianti Harlan memastikan, pada PMB 2018 tidak ada tindakan perundungan (bullying) pada Maba FE UNTAR

Dijelaskan, PMB dilakukan sejak 8-10 Agustus 2018. Pada Rabu (8/8/2018), Maba dari seluruh fakultas secara serentak mengikuti seminar terkait Pancasila, pengenalan fakultas-fakultas dan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Pada Kamis (9/8/2018), dilakukan upacara pembukaan dan sharing inspirasi alumni, dilanjutkan dengan kompetisi memperoleh tanda tangan dari para alumni yang disebar ke beberapa kelas dengan hadiah gawai dari alumni. Sedangkan di hari terakhir, Jumat (10/8/2018), dilakukan pembekalan oleh tiap mentor di kelas dan menyaksikan berbagai video pengenalan kampus.

Amoreta juga mengatakan, BEM FE UNTAR berterima kasih dan merasa senang akan kedatangan para Alumni FE UNTAR yang bersedia luangkan waktu di tengah kesibukan untuk melakukan sharing inspirasi bagi Maba FE UNTAR angkatan 2018. Sedangkan bagi Maba FE UNTAR angkatan 2018, Amoreta berpesan untuk dapat mengikuti proses pendidikan dengan baik di UNTAR, salah satunya dengan berlaku baik dan berproses untuk siap memasuki dunia kerja yang profesional.

"PMB angkatan 2018 sama sekali tidak ada tindak perundungan, Maba tinggal datang membawa badan, kenakan jas almamater dan tas. Diharap Maba bisa baik dalam tindakan, sifat dan perilaku dengan didikan dosen UNTAR yang berkompeten," pesan Amoreta. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian