• News

  • Pendidikan

Guruku, Bila Ingin Siswa Bahagia, Bahagiakanlah Dirimu!

Suasana Seminar Membangun Karakter Cermat Kepada Siswa
Dok-Netralnews/J.S.
Suasana Seminar Membangun Karakter Cermat Kepada Siswa

JAKARTA, NETRALNEWS - Pendidikan formal menjadi ujung tombak pembangunan karakter generasi masa depan. Dalam hal ini, guru memiliki posisi paling strategis. Namun bila posisi itu tidak berfungsi secara maksimal maka bisa berdampak buruk bagi masa depan Indonesia.

Mengingat begitu pentingnya peran guru, maka perlu dicarikan strategi atau semacam cara khusus agar guru benar-benar bisa berfungsi dengan semestinya.

Menanggapi persoalan tersebut, PT Indo Premier Sekuritas (IndoPremier) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, menyelenggarakan seminar bertajuk "IndoPremier Peduli Pendidikan Karakter di Sekolah" pada Rabu (20/3/2019).

Salah satu tips penting yang ditawarkan dalam seminar itu adalah mengenai bagaimana agar guru bisa benar-benar membangun karakter luhur para peserta didik.

Tips itu adalah: “Sebelum bermimpi menciptakan siswa yang bahagia, maka guru terlebih dahulu harus bahagia.” Hanya guru yang bahagia yang bisa mendidik peserta didik dengan baik dan efektif.

Memang, bahagia itu ada bermacam-macam. Salah satunya adalah bahagia karena guru ditopang oleh kemandirian finansial.

Bisa saja guru memiliki keluarga yang baik, teman yang baik, namun bila financialnya berantakan, guru akan mengalami pusing tujuh keliling. Bila sudah pusing (stress), bagaimana bisa mendidik dengan benar?

Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Ida Nurbani, menegaskan bahwa pendidikan penguatan karakter perlu diprioritaskan

Di hadapan peserta seminar yang dihadiri sedikitnya 45 Kepala Sekolah SD di DKI Jakarta mengatakan, "Kita perlu terus meningkatkan pengetahuan dari para narasumber (guru red)."

Untuk itu, Dinas Pendidikan DKI Jakarta terus berusaha meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan serta kompetensi kepala sekolah. Dengan meningkatnya mutu tenaga pendidik dan kependidikan tentunya akan berimbas pada peningkatan sumberdaya manusia (SDM).

Ia menambahkan, kegiatan ini juga memiliki tujuan istimewa lainnya, yakni memberikan ilmu pengetahuan tentang perencanaan keuangan yang baik, agar diajarkan sejak dini pada peserta didik di lingkungan masing-masing.

Sementara itu, Deputy Head of Marketing IPOT dari PT Indo Premier Sekuritas, Paramita Sari mengaku senang bisa ambil bagian dalam gerakan penguatan pendidikan karakter pada para Kepala Sekolah SD yang ada di DKI Jakarta ini.

Ia menambahkan literasi keuangan dan pembekalan perencanaan keuangan menjadi salah satu bagian dari pembentukan karakter. IndoPremier sebagai perusahaan jasa keuangan ternama karya anak bangsa berkomitmen meningkatkan literasi keuangan di seluruh Indonesia, tak terkecuali di lingkungan sekolah.

IndoPremier memandang pentingnya anak-anak di sekolah dasar dikenalkan dengan perencanaan uang sejak dini, mulai dari menabung konvensional, reksa dana hingga saham.

Kalau dulu buka rekening untuk investasi reksa dana mahal yang mencapai puluhan juta. Sekarang investasi sudah terjangkau mulai dari Rp 100.000,- dengan handphone.

“Jadi, handphonenya jangan hanya buat lihat status Facebook dan Instagram. Handphone itu bisa digunakan untuk hal-hal yang produktif," tandasnya.

Editor : Taat Ujianto

Apa Reaksi Anda?