• News

  • Pendidikan

Ribuan Siswa Ikut Jambore Pramuka Penggalang SDK PENABUR Jakarta

Suasana kegiatan Jambore Pramuka
Netralnews/Adiel Manafe
Suasana kegiatan Jambore Pramuka

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Badan Pendidikan Kristen (BPK) PENABUR, menggelar kegiatan Jambore Pramuka Penggalang SDK PENABUR Jakarta di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jumat (12/4/2019).

Ketua pelaksana kegiatan Jambore SDK PENABUR Jakarta, Lidya Ida Fatonah mengatakan, sebanyak 20 sekolah Penabur se-Jakarta ikut ambil bagian dalam kegiatan Jambore Pramuka ini.

"Jadi ada 2.023 siswa dari 20 sekolah PENABUR se-Jakarta. Dari Pondok Indah, Cinere, Kota Modern, Gading Serpong, Bintaro Jaya, Kota Wisata, sampai Bekasi, dan yang Jakarta Harapan Indah," kata Lydia di lokasi Jambore.

Lidya menyebut, ada 4 kegiatan Syarat Kecakapan Umum (SKU) yang diikuti oleh peserta Jambore Pramuka Penggalang SDK PENABUR Jakarta.

"Yang pertama, mereka akan membidik pakai kompas. Kedua anak-anak belajar soal semaphore, kemudian ada kegiatan budaya, dan terakhir kegiatan pioneringnya," ujarnya.

Adapun kegiatan yang mengusung tema 'Pramuka, Disiplin, Berani, dan Setia' ini mengajak anak-anak SD kelas 5 untuk bisa menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter berbasis nilai-nilai kristiani (PKBN2K) di dalam diri para peserta didik.

Kegiatan Jambore Pramuka Penggalang SDK PENABUR Jakarta juga bertujuan untuk menunjukkan kreatifitas melalui penampilan bernuansa nasional di kelompok sekolah masing-masing.

"Kita akan membimbing anak-anak ini untuk menjadi lebih baik lagi dan menerapkan apa yang telah dipelajari di sekolah, karena di sekolah dan di lapangan tentunya ada sesuatu yang berbeda," jelas pengurus yayasan BPK PENABUR sekaligus pembina upacara Jambore SDK PENABUR Jakarta, Purnomo Sigit.

"Kegiatan ini adalah kegiatan tahunan, rutin kita laksanakan setahun sekali. Jadi kita sekolah bukan hanya ilmu-ilmu akademik, tetapi di lapangan pun harus kita terapkan, kita latih sejak dini dari mereka masih sekolah dasar," sambungnya.

Sementara itu, Kepala Jenjang SDK PENABUR Jakarta, Sukarni menjelaskan, kegiatan Jambore Pramuka juga untuk membentuk skill dan karakter anak.

"Ini juga pembentukan skill dan karakter ya. Jadi anak-anak melalui kegiatan ini ketrampilannya juga bertambah, kita pupuk juga karakter. Dimana kurikulum di jenjang SD, seharusnya 30 persen itu teori, 70 persen itu skill dan karakter,"

"Nah disini kita bentuk karakter anak, supaya mereka memiliki karakter yang benar-benar bertanggung jawab, mandiri, dan juga mereka mencintai bangsa dan negara Indonesia," pungkasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?