• News

  • Pendidikan

Jambore Pramuka SDK PENABUR Jakarta, Ini 4 Hal yang Diajarkan

Peserta Jambore kelas V SDK PENABUR Jakarta di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jumat (12/4/2019).
Netralnews/Adiel Manafe
Peserta Jambore kelas V SDK PENABUR Jakarta di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jumat (12/4/2019).

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sebanyak 2.023 siswa dari 20 Sekolah Dasar Kristen (SDK) PENABUR di Jakarta dan sekitarnya, mengikuti Jambore Pramuka Penggalang SDK PENABUR Jakarta di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jumat (12/4/2019).

Ada empat kegiatan sebagai Syarat Kecakapan Umum (SKU) yang diajarkan kepada para peserta Jambore kelas V SDK PENABUR Jakarta ini, antara lain semaphore, kompas, budaya, dan pionering.

Ketua pelaksana kegiatan Jambore SDK PENABUR Jakarta, Lidya Ida Fatonah menjelaskan soal tujuan diajarkannya empat SKU itu kepada siswa kelas SDK Penabur Jakarta.

"Pertama mereka akan membidik pakai kompas. Tujuannya untuk apa? Memang sekarang ada handphone, tapi kita gak tau kalau misalnya anak-anak berpetualang, tersesat, mereka bisa pakai kompas itu," kata Lydia di lokasi.

Kemudian semaphore juga diajarkan kepada para siswa tentang cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera, dan alat bantu lainnya. "Kalau misalkan handphone gak ada sinyal, ketika ada sesuatu mereka bisa SOS pakai semaphore," sambungnya.

Untuk budaya, siswa kelas V SDK PENABUR Jakarta diajarkan untuk mengenal budaya nusantara. "Jadi mereka diajarkan untuk mencintai budaya. Mereka belajar tari dari Bali, Jawa Barat, DKI, dan lain sebagainya," ucap Lydia.

Sementara itu, Kepala Jenjang SDK PENABUR Jakarta, Sukarni menjelaskan, kegiatan Jambore Pramuka juga untuk membentuk skill dan karakter anak.

"Ini juga pembentukan skill dan karakter ya. Jadi anak-anak melalui kegiatan ini ketrampilannya juga bertambah, kita pupuk juga karakter. Dimana kurikulum di jenjang SD seharusnya 30 persen itu teori, 70 persen itu skill dan karakter," ungkap Sukarni.

"Nah disini kita bentuk karakter anak yang tadi BEST, itulah karakter yang diharapkan PENABUR, supaya mereka memiliki karakter yang benar-benar bertanggung jawab, mandiri, dan juga mereka mencintai bangsa dan negara Indonesia," pungkasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?