• News

  • Pendidikan

Bangun Kampus Polman Astra Delta Silicon, Ini Targetnya

Astra bangun kampus Polman Delta Silicon.
Dok: Astra
Astra bangun kampus Polman Delta Silicon.

CIKARANG, NETRALNEWS.COM : Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) pada hari ini (10/5) melaksanakan groundbreaking pembangunan Kampus Polman Astra Delta Silicon yang berlokasi di Kawasan Industri Delta Silicon II Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, sebagai wujud komitmen Astra untuk memajukan pendidikan vokasi di Indonesia.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Mohamad Nasir dan Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto turut hadir dalam acara groundbreaking tersebut yang didampingi oleh Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijiono Sugiarto, dalam siaran persnya, Jumat (10/5/2019).

Sejak tahun 1995, Astra telah mendukung kontribusi pengembangan Polman Astra yang dinaungi oleh Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) sebagai sebuah lembaga pendidikan vokasi di bidang teknologi, khususnya yang terkait otomotif dan sumber daya alam.

“Kampus Polman Astra di kawasan industri Delta Silicon diharapkan dapat mengembangkan portofolio program baik dari program studi baru maupun sertifikasi kompetensi, seperti Meister di bidang otomotif yang baru dijalankan di Polman Astra yang kini menjadi program sertifikasi Jerman Meister pertama di Asia,” tutur Prijono Sugiarto saat groundbreaking Kampus Polman Astra Delta Silicon.

Kampus Polman Astra Delta Silicon akan menjadi kampus pengembangan dari kampus Sunter, Jakarta Utara. Kampus yang dirancang dengan konsep green campus ini akan didirikan di atas tanah seluas 5 hektare dengan total luas bangunan sekitar 47.000 meter persegi. Fasilitasnya terdiri atas ruang pembelajaran, laboratorium, workshop, teaching factory serta asrama untuk mahasiswa baru. Kapasitas kampus baru diharapkan 4 kali lebih besar dibandingkan kapasitas kampus yang ada saat ini.

Dengan kapasitas tersebut, Polman Astra tengah mempersiapkan pengembangan program-program unggulan. Saat ini Polman Astra memliki 6 Program Studi Diploma 3. Nantinya, program studi akan bertambah baik dari jenis maupun jumlah mahasiswa yang terakomodasi di kampus pengembangan. Selain itu Polman Astra akan memilki kapasitas untuk mengembangkan program-program pendidikan sertifikasi kompetensi yang sangat dibutuhkan oleh industri.

Selama 5 tahun terakhir, sekitar 60% lulusan Polman Astra telah diserap langsung oleh Grup Astra, sementara sisanya diserap oleh industri lain serta sebagian kecil melanjutkan studi dan membuka usaha. Keterserapan lulusan oleh industri ini merupakan salah satu cara mendukung program pemerintah melakukan link and match antara kebutuhan industri dan pendidikan tinggi vokasi.

Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?