• News

  • Pendidikan

KPAI Dukung Sekolah Diliburkan Pada 22 Mei, Ini Alasannya

Ilustrasi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)
dok.Istimewa
Ilustrasi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan Retno Listyarti menyatakan, mendukung sekolah yang diliburkan pasca pengumuman hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Kata Retno, KPAI menghormati keputusan sekolah maupun dinas-dinas pendidikan untuk meliburkan anak-anak sekolah dengan pertimbangan situasi keamanan. Menurut Retno, hal tersebut tentu sudah melalui pertimbangan sebelumnya dengan mengedepankan keselamatan peserta didik.

"Hal tersebut tentu sudah dipertimbangkan masak-masak dengan mengedepankan kepentingan terbaik bagi keselamatan anak-anak," kata Retno saat dihubungi Netralnews, Rabu (22/5/2019).

Dijelaskan Retno, kewenangan meliburkan sekolah berada dibawah Dinas Pendidikan. KPAI juga mengaku tidak mengetahui sekolah-sekolah mana saja yang diliburkan pasca pengumuman Pemilu 2019 ini.

"Kewenangan meliburkan berada dibawah Dinas Pendidikan, jadi KPAI tentu tidak mengetahuinya. Tetapi kami mendukung," kata Retno.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Surabaya melalui dinas pendidikan mengeluarkan surat edaran yang meliburkan sekolah negeri maupun swasta mulai dari PAUD, TK, SD hingga SMP pada 22 Mei 2019 dengan pertimbangan situasi politik yang diperkirakan memanas bertepatan dengan pengumuman rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2019.

Menurut pemerintah setempat, para siswa SD dan SMP sudah selesai mengikuti ujian akhir semester sehingga hanya diberikan tugas dari sekolah untuk belajar di rumah pada 22 Mei 2019. Selain itu, peserta didik diharapkan bisa bersama dengan orang tua pada tanggal tersebut.

Menurut pantauan Netralnews, hal serupa juga dilakukan oleh beberapa sekolah yang berada di sekitar Kantor Bawaslu, Jakarta. Beberapa sekolah yang meliburkan peserta didik, beberapa diantaranya adalah Sekolah Santa Theresia Jakarta dan Sekolah Santo Bellarminus Jakakarta.

Kedua sekolah diliburkan tidak hanya pada Rabu (22/5/2019), melainkan hingga besok, Kamis (23/5/2019. Hal ini dilakukan dengan salah satu pertimbangan, mengutamakan keselataman peserta didik saat berangkat dan pulang sekolah.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya