• News

  • Pendidikan

Soal Kualitas Sekolah Negeri, Disdik DKI: Semua Sekolah Harus Favorit

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Ratiyono.
Tigapilar
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Ratiyono.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemprov DKI Jakarta menegaskan sumber daya manusia (SDM) dan fasilitas di semua sekolah negeri sama. Demikian ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Ratiyono.

Dirinya mengakui jika masih banyak masyarakat yang mempunyai penilaian sendiri terhadap sekolah negeri di Jakarta. Tapi dia menegaskan baik guru maupun fasilitas sekolah negeri tidak ada perbedaan kualitas.

"Kalau fasilitasnya setiap sekolah dari negara sama. Gedungnya yang bangun negara pemeliharaannya ada biaya dari negara ya kan. Gurunya kalau negeri dibayari oleh negara. Jadi sebenarnya sama," kata Ratiyono di Balaikota DKI, Selasa (11/6/2019).

"Yang menilai sekolah itu favorit adalah masyarakat. Kalau di dinas tidak ada penilaian yang ini favorit yang ini tidak. Kalau dari dinas semua sekolah harus favorit," lanjutnya.

Ratiyono meminta masyarakat tidak terpaku pada penilaian-penilaian tertentu terhadap sekolah. Dia mengatakan diterimanya siswa ke perguruan tinggi atau sekolah favorit ditentukan kerja keras siswa tersebut.

"Kalau lulusannya banyak masuk UI, ITB, UGM karena anak-anaknya belajarnya serius ikut bimbel. Sehingga prosentase masuk perguruan tinggi nya banyak," ujar Ratiyono.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli