• News

  • Pendidikan

Jadi Rektor UIII, Ini 3 Hal Mendesak yang Akan Dilakukan Komaruddin Hidayat

Prof Dr Komaruddin Hidayat dilantik sebagai Rektor UIII.
Nu Online
Prof Dr Komaruddin Hidayat dilantik sebagai Rektor UIII.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Prof Dr Komaruddin Hidayatdilantik sebagai Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) periode 2019 – 2024 oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.

Kata Komaruddin, setidaknya ada tiga hal yang mendesak UIII. Pertama, Komaruddin katakan pihaknya akan mengawal pembangunan infrastruktur sarananya secara bertahap selama tiga tahun. Kedua, mematangkan kurikulum. Ketiga, mengangkat beberapa staf kabinet UIII.

"Kemudian segera, kita akan membuat aturan pedoman penerimaan mahasiswa UIII serta pedoman pengangkatan dosen," kata Komaruddin, Kamis (13/6/2019).

Komaruddin klaim, pihaknya telah melakukan studi banding ke universitas-universitas di dunia. Universitas dunia yang dimaksud beberapa diantaranya Amerika dan Jepang.

"Jadi akan kita matangkan dan akan kita undang para ahli dari luar negeri untuk mereview. Kita akan cari mahasiswa yang memang bagus, dan dosen yang memang bagus," jelas dia.

Untuk diketahui, penunjukkan Komarudin Hidayat sebagai Rektor UIII tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 37/M Tahun 2019. Sebelumnya, Komaruddin Hidayattercatat pernah menjabat sebagai Rektor UIN Syarif Hidayatullah Pada periode 2006-2015.

UIII direncanakan mulai beroperasi pada 2020 mendatang. Perencanaan pembangunan kampus UIII telah dilakukan sejak tiga tahun lalu lewat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian UIII pada 29 Juni 2016. Saat itu Presiden Jokowi menginginkan UIII menjadi pusat kajian peradaban Islam di Indonesia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani