• News

  • Pendidikan

Dukung PPDB Sistem Zonasi, FSGI Minta Tiga Hal Ini Dibenahi

Ilustrasi murid baru.
Dokumentasi Netralnews
Ilustrasi murid baru.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menyatakan mendukung Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 Tahun 2018 yang merupakan penyempurnaan dari Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada TK, SD, SMP, SMA, SMK atau Bentuk Lain yang Sederajat, dan Permendikbud 14/2018 tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA, SMK atau Bentuk Lain yang Sederajat.

Sekretaris Jendral (Sekjen) FSGI Heru Purnomo mengatakan, pihaknya mendukung sistem zonasi menuju arah peningkatan pendidikan. Heru juga mendukung PPDB sistem zonasi dalam upaya pemerataan akses pendidikan. 

"FSGI dukung sekali (PPDB), tapi kami beri masukan menuju kesana (peningkatan dan pemerataan akses pendidikan) banyak yang harus dibenahi," kata Heru saat dihubungi Netralnews, Senin (17/6/2019).

Menurut Heru, setidaknya ada tiga hal yang perlu dibenahi dalam PPDB sistem zonasi. Dianataranya sarana prasarana, Sumber Daya Manusia (SDM), dan tata cara agar PPDB tidak menimbulkan permasalahan di lapangan.

"Dibenahi sarana prasarana untuk mendukung zonasi, ini harus dicermati Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Dinas Pendidikan Daerah tingkat kota, kabupaten dan provinsi," kata Heru. 

Menurut Heru, apabila ketiga hal tersebut dibenahi maka akan tercapai cita-cita meningkatkan kualitas pendidikan dan akses pelayanan pendidikan. 

Sedangkan bagi orang tua siswa, Heru imbau perlu memahami apabila sistem zonasi merupakan upaya penataan pemerataan kualitas pendidikan. Perlu diakui juga bahwa memang sistem zonasi belum bisa menyentuh sampai pelayanan pendidikan ke pelosok. 

"Masih ada keterbatasan (pelaksanaan PPDB sistem zonasi), maka orang tua harus paham bahwa pelaksanaan PPDB masih ada keterbatasan. Harus dicermati," kata Heru.

Lebih lanjut Heru katakan bahwa FSGI dari segala jaringan telah membuka posko dan menampung berbagai keluhan. Saat ini posko tengah salam proses mengumpulkan data untuk selanjutnya dirilis berbagai hasil temuan di lapangan.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?