• News

  • Pendidikan

PPDB 2019, Warganet Keluhkan Tak Ada Sekolah Terdekat di Zonasinya

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019.
Istimewa
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kebijakan zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) diterapkan sejak tahun 2016 menjadi pendekatan baru yang dipilih pemerintah untuk mewujudkan pemerataan akses pada layanan dan kualitas pendidikan di seluruh Indonesia. 

PPDB sendiri diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 Tahun 2018 yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten/ Kota untuk pendidikan dasar, maupun Pemerintah Provinsi untuk pendidikan menengah, wajib menggunakan tiga jalur, yakni jalur Zonasi (paling sedikit 90 persen), jalur Prestasi (paling banyak 5 persen), dan jalur Perpindahan Orang tua/Wali (paling banyak 5 persen). Kembali ditegaskan bahwa nilai ujian nasional (UN) juga tidak dijadikan syarat seleksi jalur zonasi dan perpindahan orang tua. 

Menanggapi kebijakan ini, warganet mengeluhkan bahwa sistem zonasi menyulitkan peserta didik memperoleh sekolah negeri. Salah satu yang dikeluahkan karena tidak ada sekolah terdekat di zonasinya. 

"Gimana nasib saya yg jaraknya ke SMA 20 km & 15 km. Saya harus sekolah dimana? *emoticon*," kata anastasyaa1_ dalam kolom komentar di unggahan Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), kemdikbud.ri, Selasa (18/6/2019).

"Rumah saya jauh2 dari SMA pak sekitar 4 km an *emoticon*," kata fauzyindo_. 

"Pak….nilai ank sy 35,45 jrak k skol 919m. Pagu skol 350. Jls sy gk kbgian pak...sy ini single parent dr ank sy usia 2 thn. Sy guru honorer yg gjianny 300rb sbuln. Gk da dana klo msuk swasta pak....apa ini uda adil bwt sy pak? Apa bgini ini hsil zonasi?," kata nada_fisika.

"Rumah saya ga deket sama SMAN manapun pak. Tadi saya survei ke salah satu SMAN, katanya tahun kemaren jarak terjauhnya 490 METER pak.. sedangkan rumah saya 4 kilo Iebih ke SMAN terdekat.. bagaimana ini pakkk????," kata maulidaa.ftr. 

"Sebenernya bapak ga bohong kok kalo daftar online itu lebih mudah, emang lebih mudah pak, tapi syarat2 dan ketentuan di terima nya yang susahhhh, rumah saya jauh dari sma , paling dekat 1,7km tapi dalam data yang ada 1.3km pakk dan apakah saya harus ke swasta? Kami ingin belajar," kata nur_hardiensyah.

Untuk diketahui, dalam rangka meningkatkan kepatuhan dalam implementasi kebijakan zonasi, Mendikbud bersama Mendagri telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 01 Tahun 2019 dan Nomor 420/2973/SJ. Edaran yang ditujukan kepada para Kepala Daerah ini bertujuan agar Pemerintah Daerah segera menetapkan kebijakan petunjuk teknis (juknis) PPDB berdasarkan Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 serta zonasi persekolahan sesuai kewenangan masing-masing. 

 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?