• News

  • Pendidikan

Soal Kontroversi Sistem Zonasi di PPDB, Anies: Yang Terpenting Perbaikan Kualitas Sekolah

Gubernur Anies: Yang terpenting perbaikan kualitas sekolah.
Mutu Sekolah
Gubernur Anies: Yang terpenting perbaikan kualitas sekolah.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaklumi adanya pro dan kontra terkait penerapan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Meski demikian dirinya menyatakan, yang terpenting adalah perbaikan kualitas tiap-tiap sekolah dalam menghasilkan peserta didik.

"Hal terpenting dalam dunia pendidikan bukan tentang zonasi, melainkan perbaikan kualitas tiap-tiap sekolah dalam menghasilkan peserta didik," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta.

Diketahui, penerapan sistem zonasi dalam PPDB terus mengundang kontroversi. Sebagian kalangan menilai kebijakan terburu-buru karena kualitas sekolah dan tenaga pendidik belum merata di Indonesia.

Lebih-lanjut Anies mengakatan, salah satu yang menjadi fokus pemerintah dalam memperbaiki sistem pendidikan nasional yaitu meningkatkan kualitas dan kinerja tenaga pengajar. Diharapkan para guru bisa mengajar dengan berbagai tingkat kemampuan hingga para siswa memiliki kualitas yang sama.

"Kualitas sekolah itu harus ditingkatkan apa pun sistem rekrutmennya. Kalau sekarang ini di Jakarta lebih fokus pada membereskan kualitas gurunya, kualitas sekolahnya, siapapun yang masuk di sekolah itu," ujarnya.

Dirinya menilai, PPDB sistem zonasi dapat meningkatkan mutu sekolah. Lewat sistem ini dalam jangka panjang seluruh siswa yang masuk sekolah tertentu akan memiliki standar mutu dan kualitas sama.

Karena itu, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini meminta para orangtua murid tak perlu lagi khawatir soal sekolah mana yang dituju anak-anaknya.

"Kalau kita secara serius memperbaiki kualitas sekolahnya, justru nanti dalam jangka panjang akan merata kualitas itu," tuturnya

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?