• News

  • Pendidikan

UBSI: Sudah Saatnya Indonesia Raih Kemerdekaan Digital

Univeritas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Sukabumi menggelar seminar kemerdekaan.
Istimewa
Univeritas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Sukabumi menggelar seminar kemerdekaan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Universitas Bina Sarana Informatika ( UBSI) Kampus Sukabumi turut menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia yang akan jatuh pada 17 Agustus 2019 mendatang.

Di era Industri 4.0, UBSI yang secara konsisten memberikan pendidikan terbaik bagi mahasiswa juga mencanangkan tema sudah saatnya Indonesia meraih kemerdekaan digital. Salah satu agendanya dengan menggelar seminar bertema Menjadi Insan Kreatif INDONESA? Siapa Takut yang berlangsung di hotel MaxOne Sukabumi Jl. Siliwangi No.90, Cikole, Kota Sukabumi, Rabu (31/7/2019).

Naba Aji Notoseputro, selaku Pengurus Yayasan BSI, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dan mensukseskan acara ini. Ia juga berharap, banyak anak bangsa yang membuat aplikasi sendiri.

“Saat ini banyak aplikasi yang diunduh serta digunakan oleh masyarakat Indonesia, tetapi banyak yang dibuat oleh orang asing atau negara lain. Saatnya di usia Indonesia yang akan memasuki usia 74 tahun kita tidak lagi menjadi penonton saja tetapi negara kita bisa menciptakan aplikasi buatan kita sendiri, serta masyarakat indonesia harus mulai berhentilah menggagas hal-hal negatif di dunia maya atau medsos. Juga jangan hanya berfikir selalu menjadi konsumen,” tutur Naba.

Satia selaku penanggung jawab seminar kemerdekaan digital ini memaparkan bahwa narasumber yang dihadirkan pada acara ini antara lain seorang praktisi marketing Baba Studio (Dian Martin) serta Admin SF dan Penggiat Ciletuh Pelabuhan Ratu UNESCO Global Geopark (Dedi Suhendra).

“Acara ini dihadiri oleh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Se-derajat Kota dan Kabupaten Sukabumi serta peserta peserta umum yakni masyarakat Sukabumi dengan berbagai profesi,” kata Satia.

Dedi Suhendra selaku narasumber mengatakan, banyak potensi yang dapat dikembangkang di kota Sukabumi dengan pemanfaatan perkembangan teknologi digital, salah satunya adalah telah mendunianya Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu. 

“Merdeka atau bebas bukan berarti bebas tanpa batas atau mutlak, selama kebebasan yang dimiliki bersinggungan dengan kebebasan orang lain, maka disanalah aturan etika dalam penggunaan internet berlaku,” tambah Kang Dedi.

Pemaparan materi selanjutnya disampaikan oleh Dian Martin yang menyampaikan cara mendirikan startup serta membagikan trik dan tips menjadi pengusaha yang memanfaatkan perkembangan teknologi digital.

“Tidak perlu takut dengan tidak punya uang atau modal untuk membangun startup, karena uang serta modal akan datang sendiri asalkan diri kita dapat memberikan manfaat untuk orang lain dan lingkungan sekitar kita,” papar Dian.

 

Editor : Widita Fembrian