• News

  • Pendidikan

BNN Usulkan Pemeriksaan Urine Berkala Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi

Ilustrasi pemeriksaan urine terkait pemakaian narkoba.
Ilustrasi pemeriksaan urine terkait pemakaian narkoba.

MEDAN, NTRALNEWS.COM - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Heru Winarko menyarankan kepada pihak perguruan tinggi untuk melakukan tes urine terhadap mahasiswanya untuk mengetahui mereka yang selama ini menggunakan narkoba.

"Hal itu sangat penting dilakukan, sebab mahasiswa tersebut ke depan sebagai calon-calon pemimpin bangsa dan negara," kata dia usai pembukaan dan kuliah umum mahasiswa Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sumatera Utara Tahun Ajaran 2019/2020 di Stadion Mini USU di Medan, Senin (19/8/2019).

Sebagai seorang pemimpin, mahasiswa harus bisa memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dan tidak mengalami masalah ketergantungan terhadap narkoba.
"Bagaimana seorang pemimpin dapat sukses dalam menjalankan tugasnya, kalau dia narkoba dan selalu memakai narkoba yang dilarang pemerintah," ujar Heru.

Menurutnya, universitas atau perguruan tinggi dapat menggunakan tim kesehatan yang ada di institusi pendidikan itu, untuk tetap mengontrol mahasiswa yang terpapar dengan obat-obat berbahaya dan dapat merusak kesehatan.

"Kita juga perlu memeriksakan mahasiswa untuk mengetahui apa benar mereka itu terpengaruh dengan narkoba, sehingga dapat dilakukan penanganan lebih lanjut. Dan mahasiswa harus diselamatkan dari ketergantungan narkoba," ujar Heru yang pernah menjabat Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.

Dituturkannya juga, BNN juga menjalin kerja sama dengan sejumlah universitas di Indonesia terkait dengan pencegahan dan pemberantasan narkoba.

"Jadi, BNN dan universitas bertugas menyelamatkan mahasiswa dari pengaruh narkoba. Ini adalah tugas negara," katanya., seperti dilansir Antara.

Editor : Irawan.H.P