• News

  • Pendidikan

Gandeng Universitas MARA Malaysia, Ini Target Poltekpar Medan

 Poltekpar Medang gandeng Universitas MARA Malaysia.
Kemenpar
Poltekpar Medang gandeng Universitas MARA Malaysia.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM  – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan menggandeng Universiti Teknologi MARA (UiTM) Cawangan Pematang Pauh, Pulau Penang, Malaysia, untuk bekerja sama dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) pariwisata berkualitas.

Direktur Poltekpar Medan Anwari Masatip, mengatakan kerja sama ini merupakan tindak lanjut hasil diskusi pada 28 Agustus 2019 melalui pertemuan resmi antara Poltekpar Medan dan UiTM untuk membahas kerangka dan menyusun rencana implementasi kerja sama.

“Kita menjalin hubungan yang baik dan akan terus kita bina untuk dapat saling membantu dalam pendidikan pariwisata. Ditambah lagi saat ini pendidikan di Malaysia bagus. Kita dapat saling bertukar pikiran dan pendapat untuk mencapai tujuan bersama yaitu mengembangkan sumber daya manusia pariwisata,” kata Anwari Masatip.

Anwari juga menjelaskan, beberapa kerja sama yang dapat dilakukan di kemudian hari adalah dengan melaksanakan pertukaran pengajar dan mahasiswa, Summer Camp (Cross Culture), Sharing Session Current Trend in Tourism, dan research workshop.

“Dengan pertukaran pengajar dan mahasiswa akan memberikan kontribusi dalam pengembangan pengetahuan dan pendewasaan pola pikir. Dalam kegiatan ini perwakilan dari Politeknik Pariwisata Medan berjumlah 4 orang dan perwakilan dari Campus UiTM Cawangan Pematang Pauh Pulau Penang, Malaysia, ada 10 orang,” katanya.

Deputi Bidang Pengembangan Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ni Wayan Giri Adnyani menjelaskan, kerja sama yang sudah baik dan memberikan hasil yang positif harus terus dilanjutkan.

“Saya berharap kerja sama ini dapat dilakukan dalam bidang yang lebih banyak lagi seperti pengembangan kapasitas dosen dan peningkatan kualitas kurikulum yang berbasis kebutuhan industri,” katanya, dalam siaran persnya, Minggu (8/9/2019).

Selanjutnya Rencana Implementasi yang sudah disusun kedua belah pihak akan dituangkan ke dalam MoU untuk segera diteruskan oleh Kampus UiTM Cawangan ke Kampus UiTM Shah Alam untuk disetujui dan nantinya MoU tersebut akan berlaku di seluruh kampus UiTM.

Editor : Sulha Handayani