• News

  • Pendidikan

Mahasiswa Untidar Magelang Magang UMKM

Kampus Untidar Magelang. (www.konfrontasi.com)
Kampus Untidar Magelang. (www.konfrontasi.com)

MAGELANG, NETRALNEWS.COM - Univeristas Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah mengirim mahasiswa peserta Program Belajar Terpadu atau Cooperative Education 2016 Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, ke beberapa usaha menengah, kecil, dan mikro untuk magang kerja.

Ketua Pelaksana Cooperative Education (Co-op) 2016 Untidar Kota Magelang Farikah di Magelang, Jawa Tengah, Kamis (29/9/2016) mengatakan, mahasiswa peserta magang selama tiga bulan dalam program hibah tersebut guna memperkuat jiwa kewirausahaan.

Mahasiswa yang dikirim untuk magang itu berjumlah 10 orang berasal dari berbagai fakultas di perguruan tinggi negeri tersebut.

Beberapa UMKM di Kota dan Kabupaten Magelang yang menjadi tempat mereka magang secara waktu penuh antara enam hingga tujuh jam per hari, mulai Kamis (29/9) hingga Desember 2016, antara lain Harmony Brownis (Japunan), Nur Cake (Bogeman), dan UMKM makanan ringan serta produksi keset (Balesari, Windusari).

Peserta Co-op 2016 Untidar adalah Tabah, Rohmad Budi Setiawan, Aprilia Herdianti, Choirunisa Dwi Astarini, Listiyono Wardoyo, Kusnita Mawarni (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

Selain itu, Diah Kusumawardhani dan Kusnita Mawarni (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Hindratno (Fakultas Teknik), dan Muhammad Nur Khabib (Fakultas Ekonomi).

"Mereka telah mengikuti tahap seleksi untuk mengikuti program ini. Seluruh peserta adalah mahasiswa semester tujuh dan sembilan yang sudah menempuh 110 SKS (Satuan Kredit Semester), berjiwa wirausaha dan menyanggupi magang 'full time' di setiap lokasi UMKM," katanya.

Ia mengatakan peserta program itu akan mendapatkan pengalaman tentang "mentoring" wirausaha, sertifikat keterampilan sebagai pendamping ijazah, dan uang kompensasi.

Sebelum magang, ujarnya, peserta mengikuti pembekalan, antara lain berupa pelatihan keterampilan, pembukuan UMKM, dan pemasaran secara dalam jaringan.

Ia menjelaskan tujuan program tersebut, yakni untuk melahirkan lulusan pendidikan sarjana yang terampil, berjiwa wirausaha, dan mampu menciptakan lapangan kerja.

"Kami mengarahkan mahasiswa untuk magang di UMKM dengan harapan ke depannya menumbuhkan jiwa wirausaha mereka sehingga besar harapannya selepas kegiatan ini berakhir, akan bermunculan wirausahawan muda dari Untidar," katanya.

 

Editor : Marcel Rombe Baan
Sumber : Antara