• News

  • Pendidikan

Lulus Kuliah, Lalu Ngapain?

Universitas Andalas (kampusindo.com)
Universitas Andalas (kampusindo.com)

PADANG, NETRALNEWS.COM - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) secara resmi membentuk Pusat Karir dan Konseling yang berguna untuk menekan pengangguran dari alumni mahasiswa selepas wisuda.

"Pusat Karir dan Konseling ini dibentuk untuk menampung sekaligus melayani lulusan mahasiswa setelah menamatkan kuliahnya sekaligus upaya meningkatkan kualitas alumni tersebut," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Hermansah, di Padang, Kamis (3/11/2016).

Menurutnya selama ini banyak mahasiswa setelah lulus tidak mampu menentukan arah untuk berkarir akibatnya secara sembarangan mengambil peranan tidak pada bidang atau kemampuan yang dimiliki.

Bahkan dari evaluasi beberapa tahun ke belakang, masih banyak lulusan mahasiswa Unand yang menganggur atau kerja serabutan.

"Di sinilah Pusat Karir dan Konseling akan memberikan kemudahan dalam persoalan tersebut," tambahnnya.

Dia menyebutkan dalam pelaksanaannya mendatang pusat ini akan menyediakan layanan bimbingan sekaligus pemberian informasi terkait perkembangan karir mahasiswa.

Termasuk mengarahkan alumni sesuai kemampuan dan bidang yang diampu untuk memilih jenjang karir.

"Bukan hanya itu pusat ini juga menjembatani alumni mendapat kerja," katanya.

Dalam hal ini ujar dia, Pusat Karir dan Konseling akan mencarikan hubungan dengan instansi, perusahaan dan institusi kerja lainnya.

"Dengan begitu alumni dapat mudah tersalurkan untuk bekerja," kata dia.

Harapan terbesar dari pusat ini kata dia, menanggulangi pengangguran sekaligus menekan kemiskinan yang setiap saat terus bertambah.

Hingga saat ini sebutnya ada 7,02 juta jiwa angka pengangguran di Indonesia , hal ini harus ditekan oleh Unand perwakilan di Sumbar.

Sementara itu salah satu alumni mahasiswa Unand Khainur (30) berharap kinerja Pusat Karir dan Konseling ini tepat sasaran sehingga pengangguran perlu ditekan.

Jika perlu tidak hanya untuk kerja namun juga bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang kuliah lebih tinggi.

Editor : Lince Eppang
Sumber : Antara