• News

  • Pendidikan

Mendikbud: Jadilah Guru Berkemajuan!

Guru yang mengajar di pelosok desa (mengajar.co)
Guru yang mengajar di pelosok desa (mengajar.co)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memimpin langsung Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2016 sebagai pembina yang mengangkat tema “Guru dan Tenaga Kependidikan Mulia Karena Karya”. Dalam sambutannya Mendikbud mengatakan bahwa peringatan HGN adalah hari orang mulia.

“Hari ini adalah harinya orang-orang mulia yang menyiapkan generasi masa depan yang lebih cemerlang. Insya Allah kita semua akan dimuliakan oleh Yang Maha Mulia. Jadilah Guru Berkemajuan. Ayo Hormati Guru,” pesan Mendikbud, Jumat (25/11/2016).

Mendikbud mengatakan, guru memiliki peran yang sangat mulia dan sangat strategis. Oleh sebab itu, Mendikbud mengajak kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan Indonesia untuk bangga terhadap profesinya tersebut. Sejak ditetapkannya Undang-undang Nomor 14 Tahun 2015, tentang Guru dan Dosen, maka secara resmi guru dinyatakan sebagai pekerja profesional.

Dalam sambutannya Mendikbud juga mengakui bahwa profesionalisme guru di Indonesia masih belum memenuhi harapan dan masih diperlukan upaya-upaya yang lebih keras untuk menjadikan profesi guru sebagai pekerjaan yang profesional di masa yang akan datang.

Mendikbud juga menyatakan akan terus mengupayakan banyak hal agar tercapainya harapan para guru untuk semakin profesional, namun harus juga disertai dengan keinginan keras dari pihak guru.

Selain itu menurut Mendikbud, pemerintah telah bertekad memberikan tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik. Dengan upaya tersebut, Mendikbud berharap dapat memberikan dampak nyata bagi perbaikan kompetensi dan kinerja guru, dibuktikan dengan peningkatan mutu proses dan hasil belajar siswa.

”Ke depan juga perlu segera dirumuskan kebijakan, agar sebagian tunjangan profesi guru bisa diinvestasikan bagi peningkatan kinerja guru melalui program pelatihan dan usaha guru belajar mandiri,” ujar Mendikbud.

Upacara Peringatan HGN ini merupakan bentuk penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional (HGN) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Pelaksanaan upacara bendera ini diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Kemendikbud, pegawai di lingkungan pemerintah daerah, pendidik dan tenaga kependidikan, para pemangku kepentingan pendidikan lainnya, serta para siswa di seluruh Indonesia yang diselenggarakan baik di kantor Kemendikbud, kantor pemerintah daerah, dan satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?