• News

  • Pendidikan

Ini Tiga Kriteria Guru Profesional Menurut Mendikbud

Guru mengajar (hawaiianstylemagazine)
Guru mengajar (hawaiianstylemagazine)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengharapkan guru dapat meningkatkan profesionalitasnya. Guru yang profesional setidaknya memiliki tiga kriteria yakni keahlian, bertanggung jawab dan memperkuat kolegalitas.

Hal itu disampaikan Mendikbud saat upacara peringatan Hari Guru Nasional 2016 yang mengangkat tema Guru dan Tenaga Kependidikan Mulia Karena Karya.

"Saya berharap guru harus semakin profesional," ujar Menteri Mujahid seusai menjadi pembina dalam Upacara HGN di halaman Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jumat (25/11/2016).

Mengenai keahlian, sambung Menteri Muhadjir, guru diharapkan dapat terus meningkatkan dan memperbaharui keahlian yang dimiliki yakni keahlian di bidangnya.

Guru juga diharapkan untuk bertanggung jawab sosial, karena Mendikbud menilai bahwa profesi guru merupakan panggilan jiwa, sehingga guru tidak salah niat.

"Jangan sampai salah niat. Tidak sebagai panggilan jiwa jadi beban, setengah-setengah, tidak ikhlas sehingga menimbulkan mal praktik yang kita hindari," jelas Mendikbud.

Mendikbud juga berharap kepada para guru untuk memperkuat kolegalitasnya di asosiasi profesi, karena ciri profesi itu spesialisasi, sehingga guru dapat berdampingan dengan perkumpulan organisasi yang sudah ada.

"Sehingga mulai ada spesialisasi masing-masing pekerjaan sesuai keahlian dan bidang studi, dan mulai ambil peran yang lebih besar pada tanggung jawab dampaknya," tutur Menteri Muhadjir.

Sebagaimana telah ditetapkannya Undang-undang Nomor 14 Tahun 2015, tentang Guru dan Dosen, maka secara resmi guru dinyatakan sebagai pekerja profesional dan memiliki tanggung jawab mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?