• News

  • Pendidikan

RI-Prancis Kerja Sama Kembangkan Pendidikan Vokasi

SMK (katariau.com)
SMK (katariau.com)

LONDON, NETRALNEWS.COM - Indonesia dan Prancis mengembangkan kerja sama di bidang pendidikan vokasi dan kejuruan melanjutkan kemitraan strategis bidang pendidikan tinggi yang terjalin sejak tahun 2011 menjadi isu utama pengembakan pendidikan di kedua negara.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan, KBRI Paris, Surya Rosa Putra kepada Antara London, Jumat (2/12/2016) mengatakan KBRI Paris bekerja sama dengan Institut Français Indonésie  (IFI), Kedubes Perancis di Jakarta, mempertemukan sekitar 50 aktor kerja sama pendidikan vokasional kedua negara dalam acara "Focus Group Discussion" (FGD) yang diadakan KBRI di Prancis.

Dikatakan empat bidang vokasi yang dibahas selama diskusi adalah bidang energi, bidang turisme, bidang pertanian dan bidang maritim.

Dubes RI untuk Prancis, Kepangeranan Monaco dan Andora, Hotmangaradja Pandjaitan dalam sambutannya menekankan pentingnya kerja sama pendidikan dari tingkat dasar sampai menengah sebagai bagian dari proses alih inovasi dan riset perguruan tinggi kedalam masyarakat.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Inovasi dan Daya Saing, Ananto Kusuma Seta, M. yang juga ketua delegasi RI dalam FGD tersebut, mengatakan pendidikan kejuruan merupakan salah satu kunci dalam pembangunan Indonesia menuju kekuatan ekonomi ke-7 dunia akhir 2030.

Dua pembicara lain, masing-masing Atase Pendidikan dan Kebudayaan di KBRI Paris, Prof. Surya Rosa Putra dan Prof. Emilienne Baneth Nouailhetas, Atase untuk Kerjasama Pendidikan, IFI, Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, sepakat kerja sama bidang pendidikan dasar, menengah dan kejuruan yang sudah dirintis sejak 2015 lalu, berpotensi untuk diperluas.

Pembahasan kerja sama dalam pendidikan kejuruan bidang energi melibatkan Campus des Métiers et des Qualifications (CMQ - Kampus Kejuruan dan Kualifikasi) Energie et Efficacité Energétique (CMQ3E) dan Direktorat Pembinaan SMK, Kemendikbud.

Editor : Lince Eppang
Sumber : Antara