• News

  • Pendidikan

Haykal Kamil Setuju Ujian Nasional Dihapus

Ujian nasional (smartekselensiaindonesia.com)
Ujian nasional (smartekselensiaindonesia.com)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Usulan moratorium Ujian Nasional (UN) yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, disambut baik oleh artis sekaligus produser Haykal Kamil. Sebagai salah satu anak muda yang memiliki perhatian pada dunia pendidikan, ia setuju wacana moratorium tersebut.

Menurut adik dari Zaskia Adya Mecca ini, institusi pendidikan saat ini tidak menyesuaikan kebutuhan zaman. Ia menjelaskan, masih banyak kurikulum yang tidak sesuai di masanya.

"Saya senang, sekarang katanya UN mau dihapus, kalau saya sih benar-benar setuju, karena bukan cuman akademis aja yang menentukan (kelulusan)," ujar Haykal usai menjadi pembawa acara Temu Komunitas (Calon) Programmer Muda, Minggu (18/12/2016).

Haykal berpendapat kelulusan peserta didik bukan saja karena penilaian akademik, melainkan terdapat pula hak guru yang lebih mengetahui kemampuan dan kepribadian setiap anak yang lebih sesuai untuk menentukan kelulusan peserta didik.

"Bagaimanapun juga, ini nggak hanya bicara soal nilai aja," tegas Haykal.

Haykal berpendapat jika nilai yang bagus bukan hal yang terpenting, melainkan proses belajar itu sendiri yang lebih utama. Maka dari itu ia prihatin akan sistem penilaian kelulusan untuk hanya memenuhi standar penilaian saja dan juga untuk meraih rangking tiga besar.

"Jujur saya juga nyontek dulu pas masih sekolah, tapi ternyata pas lulus, yang rangking satu sekarang kerja sama saya. Terus apa maksutnya kita belajar 12 tahun kalau hanya untuk mendapat nilai dan rangking sedangkan pas lulus merasa wasting time (buang-buang waktu)", jelas Haykal.

Maka dari itu Haykal menyimpulkan, banyak hal dan parameter yang tidak diperlukan yang dilakukan oleh sistem pendidikan di Indonesia.

"Banyak hal, parameter yang nggak perlu sebenarnya," tukas Haykal.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang