• News

  • Pendidikan

Haykal Kamil Rela Ngajar Untuk Anak-anak Tak Mampu

Haykal Kamil (Martina Rosa)
Haykal Kamil (Martina Rosa)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Artis sekaligus produser Haykal Kamil menceritakan salah satu kesibukannya, yakni membuka komunitas belajar kecil-kecilan bersama adik di rumahnya. Hal ini juga didasari atas keprihatinannya atas pendidikan di Indonesia.

"Saya jujur, jadi ngajar di rumah sesuai kemampuan saya yang bisa berguna misalnya Bahasa Inggris sama seni peran. Mamaku bilang, 'kamu harus bermanfaat untuk lingkungan sekitar kamu'," ujar Haykal saat di temui usai menjadi pembawa acara Temu Komunitas (Calon) Programmer Muda, Minggu (18/12/2016).

Haykal menceritakan, jika lokasi rumahnya dekat dengan sungai, bersama adiknya Haykal kemudian bekerja sama mengumpulkan anak-anak yang tinggal di pinggiran sungai untuk belajar di rumahnya.

Kegiatan belajar ini telah ia mulai sejak Januari 2016 dengan partisipasi sekitar 30 orang anak dari berbagai usia dan tingkatan pendidikan dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan diadakan seminggu sekali yakni pada Kamis atau Jumat.

"Awalnya sih mikir, 'ngapain ya buat hal kaya begini', tetapi lama-lama ternyata menyenangkan. Banyak yang tadinya kita lupa, jadi kita teringat dan belajar lagi," kata Haykal.

Haykal juga menceritakan, bahwa baru-baru ini ia mengajak anak-anak tersebut melakukan out bound di daerah Situ Gintung dan dalam kesempatan pertemuan belajar berikutnya Haykal meminta anak-anak tersebut untuk menuliskan pengalaman out bound.

Haykal sempat terkejut, ternyata salah satu dari anak tersebut masih belum lancar menulis karena kurang mengenal huruf.

"Untuk cerita nulis S-A-Y-A aja dia nggak tau huruf Y itu kayak gimana, padahal dia udah kelas 1. Oke akhirnya saya ajarin, begini. Ternyata memang jadi guru itu butuh kesabaran dan ternyata pendidikan di Indonesia masih memprihatinkan juga," tukas Haykal.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang