• News

  • Pendidikan

Biak Tunggu Keputusan Kemdikbud Terkait Ujian Nasional

Ujian nasional (smartekselensiaindonesia.com)
Ujian nasional (smartekselensiaindonesia.com)

BIAK, NETRALNEWS.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, masih menunggu keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terkait pelaksanaan UN 2017.

Kepala Disdik Kabupaten Biak Numfor Nico Buiney, di Biak, Selasa (20/12/2016), mengakui pihakya belum mendapatkan informasi keputusan pemerintah mengenai kebijakan penyelenggaraan UN 2017.

"Selama belum ada keputusan resmi Kemdikbud maka siswa kelas IX (SMP) dan kelas XII (SMA/SMK) harus giat belajar sesuai kalender tahunan pendidikan," kata Nico.

Menurut Nico, pelaksanaan UN bukan satu-satunya penentu akhir kelulusan siswa kelas IX dan kelas XII serta kelas VI SD.

Dengan adanya kegiatan Ujian Nasional maka setiap sekolah dapat mengukur tingkat penilaian akhir keberhasilan siswa.

Sebelumnya, Ketua DPRD Zeth Sandi mengharapkan sistem pelaksanaan dan penilaian UN dikembalikan kepada kabupaten/kota.

"Saya sangat setuju jika pengelolaan UN diserahkan ke pemkab sehingga tidak bergantung dengan keputusan Kemdikbud," ujar politisi Nasional Demokrat itu.

Ia berharap ada keputusan terbaik dari pemerintah melalui Kemdikbud untuk penyelenggaraan UN tahun pelaqjaran 2016/2017.

Berdasarkan data pada tahun 2015/2016 tiga sekolah Biak, yakni SMA YPK 1, SMK Yapis dan SMA Yapis telah menyelenggarakan UN dalam jaringan (online) dengan hasil kelulusan 100 persen.

Sebenarnya wacana moratorium UN sudah diputuskan oleh Presiden Joko Widodo pada rapat kabinet terbatas di Istana Negara, Senin (20/12/2016). Presiden memutuskan agar pelaksanaan UN tetap berjalan.

Editor : Lince Eppang
Sumber : Antara