• News

  • Pendidikan

Nuffic Neso Indonesia Tawartkan Beragam Beasiswa

Mervin Bekker saat presentasi studi di Belanda (Martina Rosa)
Mervin Bekker saat presentasi studi di Belanda (Martina Rosa)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Organisasi non profit yang ditunjuk resmi dan didanai oleh pemerintah Belanda untuk menangani berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan tinggi Belanda, Nuffic Neso Indonesia menggelar Holland Scholarship Day di Erasmus Huis Komplek Kedutaan Besar Belanda, Sabtu (21/1/2017).

Dalam kesempatan tersebut, sebanyak lebih dari 700 pengunjung hadir mendapatkan berbagai informasi mengenai berbagai pilihan beasiswa dan mendapatkan informasi yang komprehensif terkait beasiswa di Belanda. Biasanya, informasi yang didapatkan para pemburu beasiswa hanya sekadar mengenal informasi dasar, tanpa mengetahui secara khusus target beasiswa yang ingin didapatkan, jurusan beserta universitas yang diinginkan sesuai dengan pribadi calon penerima beasiswa.

Salah satu beasiswa yang ditawarkan yakni Beasiswa StuNed yang merupakan beasiswa dari pemerintah Belanda, sebagai bagian dari kerjamasa bilateral antara Belanda – Indonesia. Dipaparkan pula program beasiswa lain seperti Netherlands Fellowship Progamme (NFP) dan Program Orange Tulip Scholarship (OTS) yang telah dibuka pendaftarannya sejak Desember 2016.

“Biasanya beasiswa hanya sekedar promosi, tetapi penting agar informasi tersebut disampaikan lebih spesifik,” ujar Koordinator Beasiswa Nuffic Neso Indonesia Indy Hardono yang sempat memberikan pandangan bagi ratusan calon pemburu beasiswa untuk memenuhi berbagai persyaratan.

Indy juga menyampaikan tentang pembukaan pendaftaran beasiswa StuNed untuk program Master dan Short Course, dimana beasiswa penuh dari pemerintah Belanda ini akan ditutup pendaftarannya pada (1/4/2017) dan pendaftaran akan dilakukan secara online.

Adapun kriteria seleksi StuNed menitikberatkan pada faktor keunggulan dan keterkaitan dengan area prioritas kerjasama Indonesia-Belanda. Selain itu, Indy juga sempat berpesan pada calon penerima beasiswa untuk benar-benar menganalisis target dalam menentukan jurusan dan 16 universitas Belanda yang disediakan.

Direktur Nuffic Neso Indonesia Mervin Bakker mengatakan, jika dalam kesempatan Holland Scholarship Day juga dihadiri perwakilan beasiswa dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yakni Beasiswa Puspindiklatren dan EU Delegation yakni beasiswa Erasmus.

“Dengan diadakan Holland Scholarship Day ini akan membuat para calon penerima beasiswa antusias dan mereka dapat memastikan dan menyesuaikan beasiswa yang diinginkan untuk mencoba meraih kesusksesan,” kata Bakker.

Dalam kesempatan tersebut, Bakker juga menambahkan, beasiswa dengan jurusan yang paling diminati adalah jurusan bisnis dan ekonomi dan jumlah pelamar beasiswa meningkat setiap tahunnya sejak 2015.

Indy juga menambahkan, pada tahun sebelumnya terdapat beberapa beasiswa yang diprioritaskan pada institusi tertentu, namun tidak pada tahun ini, sehingga akan lebih kompetitif.

“2017 ini kandidat diharapkan lebih baik, karena sekarang sudah mulai meningkat kesadaran untuk meningkatkan pendidikan dengan bersekolah ke luar negeri sehingga dapat lebih mempersiapkan sesuai persyaratan,” tukas Indy.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang