• News

  • Pendidikan

Wow, Siswa SMAN 4 Jayapura Olah Kompos dari Hutan Mini di Sekolah

Kompos (Cecoia)
Kompos (Cecoia)

JAYAPURA, NETRALNEWS.COM - Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Jayapura, Provinsi Papua, memproduksi pupuk kompos dari hasil olahan dedaunan pohon yang ditanam di sekitar hutan mini milik sekolah tersebut.

"Kami mengolah daun-daun pohon yang ada di hutan mini sekolah yang kami buat, daun-daun itulah yang kami olah menjadi pupuk kompos," kata Kepala SMAN 4 Jayapura Laba Sembiring di Jayapura, Senin (30/1/2017).

Laba menjelaskan proses pengolahan pupuk kompos tidak rumit. Para siswa mengumpulkan daun-daun itu ke dalam tong sampah kemudian memasukan cairan M4 ke sampah, dan selanjutnya dibiarkan selama 10 hari hingga menjadi pupuk kompos.

"Itu yang pihak sekolah bisa olah sendiri dan manfaatkan oleh sekolah untuk tanaman pohon, bunga dan tanaman lainnya yang ada di sekitaran halaman sekolah," ujarnya.

Dia mengatakan pupuk kompos yang diproduksi itu membuat bunga-bunga, pohon-pohon, serta tanaman lainnya di sekitar halaman sekolah tumbuh subur dan daunnya hijau-hijau.

"Kami bisa mengajak siapa saja yang berkunjung ke sini untuk melihat bagimana kami mengolah pupuk kompos itu, kemudian bisa juga melihat tanaman yang subur dan hijau karena ditaburi pupuk kompos yang diproduksi sekolah," ujarnya.

Akan tetapi, katanya, kalau limbah plastik, pihak sekolah masih tergantung dengan pihak luar yang menerima hasil produk sampah plastik yang dijual.

"Saat di sana (pihak luar, red.) tidak menerima hasil produk sampah plastik kami maka kami juga tidak bisa berbuat banyak," ujarnya.

Ia mengatakan ada beberapa pihak yang sudah menggelar rapat dengan pihaknya untuk menyepakati pengolahan sampah plastik dan bagimana proses pemasarannya namun hingga kini tidak tidak ada tindak lanjut.

Editor : Lince Eppang
Sumber : Antara