• News

  • Persona

Puisi "Perempuan-Perempuan Baja" dari Jokowi untuk Mooryati Soedibyo

Presiden Joko Widodo menghadiri syukuran ulang tahun ke-90 Mooryati Soedibyo.
Istimewa
Presiden Joko Widodo menghadiri syukuran ulang tahun ke-90 Mooryati Soedibyo.

JAKARTA, NNC - Presiden Joko Widodo menghadiri syukuran ulang tahun ke-90 Mooryati Soedibyo. Dalam acara tersebut, Jokowi  memberikan kado terindah dengan tampil membacakan sebuah puisi bagi perempuan pengusaha Jamu itu. Kalimat ketangguhan perempuan Indonesia itupun terungkap dalam barisan-barisan puisi yang disyairkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta.

Informasi yang disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menyebutkan, bahwa acara syukuran ulang tahun tersebut digelar di grand ballroom Four Seasons Hotel, Jakarta, Jumat (5/1/2018) malam. Jokowi mengenakan kemeja batik lengan panjang bernuansa merah, tulis Bey Machmudin.

Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan pandangannya terhadap sosok seorang Mooryati Soedibyo. Dia menilai pengusaha jamu dan produk kecantikan itu adalah sosok perempuan perkasa yang berhati baja.

"Melihat Mooryati Soedibyo, saya teringat Hartoyo Andangjaya, seorang sastrawan yang juga penulis puisi 'Perempuan-perempuan Perkasa," kata mantan pengusaha meuble kayu asal kota Solo, Jawa Tengah itu.

Tak membuang-buang waktu. Jokowi pun membacakan salah satu bait dari puisi tersebut.

Perempuan-perempuan perkasa yang membawa bakul di pagi buta. Siapakah mereka?

Mereka ialah Ibu-Ibu berhati baja.
Perempuan-perempuan perkasa.
Akar-akar yang melata dari tanah perbukitan turun ke kota.
Mereka cinta kasih yang bergerak menghidupi desa demi desa.

"Itulah gambaran sosok Ibu Mooryati Soedibyo menurut saya," urai Jokowi sebagaimana dilansir Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden.

"Di hari yang berbahagia ini, kita semuanya mengucapkan selamat ulang tahun ke-90 Ibu Moeryati Soedibyo, ibu berhati baja, perempuan perkasa Indonesia, ibu jamu tradisional Indonesia. Semoga limpahan sehat dan panjang umur selalu menyertai Ibu dari Allah SWT," kata Presiden.

Hadir dalam acara itu, di antaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. Selain itu, hadir mantan Wakil Presiden Try Sutrisno.

 

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Wulandari Saptono